IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » SKK Migas Minta Bantuan Kejagung Tempuh Jalur Arbitrase

SKK Migas Minta Bantuan Kejagung Tempuh Jalur Arbitrase

Written By Indopetro portal on Tuesday, 1 December 2015 | 11:04

indoPetroNews.com - Catatan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bahwa, masih banyak persoalan yang terjadi dalam pengajuan cost recovery yang dilakukan oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

Meski demikian, pihak SKK Migas mengaku belum berani membawa persoalan tersebut ke jalur arbitrase. Pasalnya, jika mengalami kekalahan, akan banyak biaya yang mesti dikeluarkan negara.

Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi, mengatakan, selama ini terkait cost recovery selalu terjadi permasalahan di pembayaran pajak 18 persen. Dan permasalahan tersebut masih banyak yang belum diselesaikan. Walau sebenarnya, SKK Migas ingin sekali menyelesaikannya dan membawanya ke arbitrase sesuai kontrak yang berlaku.

"Kalau sudah ada temuan (permasalahan) cara penyelesaiannya seperti apa, kami lihat kembali kontrak dalam PSC-nya. Itu diatur beberapa aspek kalau terjadi dispute, maka dikirimkan proses arbitrase," ujar Amien di Gedung DPR RI Jakarta, Senin (30/11).

Diakuinya, hingga saat ini belum ada persoalan dalam usaha hulu migas yang diselesaikan di arbitrase. Selain belum siap, masih banyak kalangan yang berbeda pendapat harus dibawa ke arbitrase atau tidak.

Mantan Wakil Ketua KPK ini menjelaskan, resiko membawa kasus ke arbitrase makin besar, karena pihak yang kalah akan membayar tuntutan, selain itu juga membayar biaya jasa pengacara lawannya. "Kemampuan SKK Migas masuk arbitrase belum ada. kita harus siap dan menyusun kemampuan dulu untuk masuk arbitrase," paparnya.

Agar proses ke arbitrase kuat, SKK Migas meminta kerja sama dengan pihak Kejaksaan Agung. Terutama dalam perselisihan pembayaran cost recovery yakni dalam pembayaran pajak dengan porsi 18 persen. "Kami sangat berharap bantuan kejaksaan sebagai pengacara negara. Kami sebenarnya ingin menyelesaikan dispute ke arbitrase," ujar Amien.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login