IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Sudirman Tunjuk Widhyawan Jadi Gubernur OPEC

Sudirman Tunjuk Widhyawan Jadi Gubernur OPEC

Written By kusairi kusairi on Monday, 7 December 2015 | 14:18

indoPetroNews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menunjuk Widhyawan Prawiratmaja sebagai Gubernur Organization of Petroleum Exportir Countries (OPEC).

Widhyawan menyatakan dirinya akan menjabat menjadi Gubernur Indonesia untuk OPEC selama dua tahun ke depan. Dia menilai pertumbuhan Indonesia yang cukup tinggi berimplikasi terhadap kebutuhan akan energi nasional. Dengan masuknya kembali Indonesia ke dalam OPEC diharapkan kebutuhan energi nasional pun akan tercukupi.

"Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan kebutuhan energi yang cukup tinggi. Bergabungnya kita kembali ke OPEC merupakan bagian dari upaya kita menjamin kecukupan energi nasional," kata Widhyawan, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (7/12).

Dia menjelaskan, di Indonesia kecukupan energi merupakan bagian dari ketahanan energi yang harus terus terpenuhi. Namun, Indonesia tidak mematok untuk penggunaan minyak dalam memenuhi kebutuhan tersebut, karena saat ini Indonesia juga sedang gencar-gencarnya dengan pengembangan energi baru terbarukan.

"Komitmen kita untuk mencapai 25 persen penggunaan energi terbarukan dari seluruh kebutuhan energi harus dicapai di 2025," ujar Widhyawan.

Lebih lanjut, Widhyawan mengatakan, peranan OPEC dinilai banyak kalangan international memiliki peranan signifikan dalam mendorong pergerakan harga minyak dunia ke titik keseimbangan baru yang menguntungkan bagi perekonomian dunia.

Bagi Indonesia, lanjut Widhyawan, ada peran unik dalam proses pengambilan keputusan. Peran unik itu dijelaskan Widhyawan lantaran Indonesia memiliki dua peran yakni sebagai importir dan produsen.

"Keterlibatan Indonesia dalam proses pengambilan keputusan dan kebijakan OPEC, diharapkan dapat menjaga kepentingan nasional," tutup dia.Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login