IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Toleransi Losses Minyak Dari Kapal Ke Konsumen Tidak Lebih Dari 0,3 Persen

Toleransi Losses Minyak Dari Kapal Ke Konsumen Tidak Lebih Dari 0,3 Persen

Written By kusairi kusairi on Tuesday, 8 December 2015 | 15:57

indoPetroNews.com - Dalam melaksanakan pemindahan minyak dari Kilang ke Kapal Tanker, manajemen PT. Pertamina (Persero) tengah memberikan standard mutu serta standard baku yang harus diwujudkan oleh perusahaan BUMN energi ini.

Project Coordinator Tim Pembenahan Tata Kelola Arus Minyak, Faisal Yusra mengatakan unsur kapal (milik dan sewa) sebagai pengangkut minyak tidak akan mengenal istilah tidak mampu dalam menekan discrepancy (R2) di bawah 0,1%. Bila toleransi losses ini me­lewati ambang batas, tentu sanksi diklaim atau dipotong harga sewa kapalnya, adalah suatu risiko hasil kerja yang tidak bisa ditawar-tawar.

"Discrepancy (R1) yang tidak boleh melebihi 0,3% adalah standar mutu dan standar baku yang mesti diwujudkan," kata Yusra, di Jakarta, kemarin.

Yusra menyebutkan, kalau sempat terjadi di lapangan terdapat Surveyor yang dibayar Pertamina (dan “meneken perjanjian” setia sampai hari akhir pada Pertamina) bisa mengatur Loading Master bahkan mengendalikan “orang Pertamina” di RU dan MOR, tentu suatu hal yang amat sangat luar biasa aneh, bukan?

"Unsur Kilang (RU-II s/d RU-VII) yang diberi amanah oleh Pertamina sebagai pemasak minyak harus dapat melaksanakan tugas sesuai ketetapan perusahaan," ujarnya.

Menurut Yusra, unsur TBBM (MOR-I s/d MOR-VIII) sebagai penerima minyak dari kapal, kemudian mendistribusikan minyak tersebut kepada konsumen, tentu sudah paham akan ketentuan Dis­crepancy (R3) di terminal BBM yang tidak boleh melebihi 0,3% adalah standar mutu dan standar baku yang mesti diwujudkan.

Begitu pula ketika menghitung jumlah keseluruhan minyak yang telah masuk ke dalam tangki penampungan di TBBM. Discrepancy (R4) maksimum 0,3% dibandingkan dengan B/L yang berasal dari pelabuhan muat (L/P) adalah “angka mati” yang mesti dipatuhi oleh seluruh pelaku aktivitas serah terima minyak di TBBM. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login