IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » DPR Minta Pungutan Ketahanan Energi Ditunda

DPR Minta Pungutan Ketahanan Energi Ditunda

Written By Indopetro portal on Monday, 4 January 2016 | 13:33

indoPetroNews.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, mendukung langkah pemerintah dalam meningkatkan ketahanan energi. Namun DPR menilai, tidak dengan melakukan pungutan dana dari masyarakat melalui pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar.

Ketua Komisi VII DPR, Kardaya Warnika, mengaku sampai dengan saat ini, pemerintah belum melakukan pembicaraan dengan pihaknya terkait hal tersebut.

Selain itu mekanisme pungutan tersebut belum dilaporkan ke DPR, sehingga belum jelas kegunaannya dan siapa yang akan menggunakannya. "Belum pernah ada pembicaraan dengan DPR. Karena meningkatkan ketahanan energi itu penting," ujar Kardaya, di Jakarta, Senin (4/1).

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Ketua Komisi VII, Satya W Yudha, yang mengatakan, pemerintah harus menunda penarikan dana tersebut hingga empat bulan mendatang, guna menyiapkan dasar hukum dan lainnya.

Satya bilang, DPR harus mengetahui berapa potensi pendapatan dari pungutan dana tersebut, dan penggunaannya seperti apa. "Kita memerlukan berapa potensi pendapatan, dan digunakan untuk apa. Akan dipertanggungjawabkan dalam setiap APBN ke APBN. Serapannya bagaimana, apa itu terjadi atau tidak," jelasnya.

Pengamat ekonomi sekaligus mantan anggota Tim Reformasi Tata Kelola Migas, Fahmy Radhi mendesak pemerintah agar membatalkan kebijakan penerapan dana ketahanan energi, sebelum diberlakukan pada 5 Januari 2016, besok.

Oleh karena itu, dirinya ikut mendesak pemerintah, agar rencana penerapan kebijakan ini agar dapat dibatalkan. Sehingga harga solar bisa kembali ke harga semestinya Rp 5.650 per liter dan premium menjadi Rp 6.950 per liter. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login