IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » ESDM akan Lakukan Moratorium Ekslorasi Migas

ESDM akan Lakukan Moratorium Ekslorasi Migas

Written By Indopetro portal on Tuesday, 26 January 2016 | 16:05

indoPetroNews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka wacana untuk melakukan moratorium eksplorasi hulu minyak dan gas bumi (migas). Wacana ini timbul atau mencuat sejalan dengan permintaan operator migas nasional atau Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKS).

Pasalnya anjloknya harga minyak mentah dunia membuat perusahaan hulu migas mesti mengencangkan ikat pinggang atau berbenah dengan melakukan berbagai efisiensi. "Ada yang minta moratorium eksplorasi," kata Dirjen Migas, Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja di Jakarta, seperti ditulis Selasa (26/1).

Wiratmaja memaparkan, moratorium eksplorasi migas menjadi instrumen penolong kontraktor KKS yang kini tengah terpukul akibat melorotnya harga minyak mentah dunia. Sebagai informasi, diketahui saat ini harga minyak mentah dunia saat ini berada di bawah US$30 per barel.

Tak jarang, banyak perusahaan migas memangkas karyawannya atau melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). "Moratorium eksplorasi supaya mereka tetap bisa survive tanpa harus PHK," ucap dia.

Selain moratorium eksplorasi migas, pemerintah dan KKKS juga tengah mendiskusikan adanya kemudahan dengan menyiapkan insentif. Salah satu insentif yang dibahas adalah tax holiday dalam kegiatan hulu migas. "Kita masih diskusi, dan ada yang minta tax holiday. Semuanya sedang dibahas, supaya industri tetap jalan," katanya.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login