IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Harga Murah, Perusahaan Minyak Bertumbangan

Harga Murah, Perusahaan Minyak Bertumbangan

Written By Indopetro portal on Monday, 25 January 2016 | 10:44

indoPetroNews.com - Harga minyak mentah turun drastis, banyak perusahaan minyak bertumbangan. Pada 2015 di Amerika Serikat (AS) ada 42 perusahaan pengeboran minyak yang dinyatakan gulung tikar. Sejumlah ahli menilai, krisis minyak saat ini mirip dengan kondisi pada 1986 lalu, ada 27% perusahaan minyak yang tak sanggup membayar utang alias default.

Pada Desember lalu, di AS ada 11% perusahaan minyak yang tak sanggup membayar utang alias berstatus default. Angka tersebut naik dari sebelumnya yang sebesar 0,5% jumlahnya. Tahun depan diperkirakan jumlahnya bisa naik dua kali lipat.

Bank-bank besar di AS saat ini mulai mencadangkan uangnya untuk mengantisipasi ketidaksanggupan perusahaan minyak membayar utang-utangnya. Soalnya, perusahaan minyak biasa meminjam banyak uang saat harga minyak berada di atas US$ 100/barel.

"Saat ini tak ada yang membayangkan, harga minyak akan jatuh drastis di bawah US$ 100/barel. Banyak orang menggunakan uangnya untuk mencari minyak, karena berpikir harga minyak tidak akan turun," ungkap Mike Lynch, analis ekonomi seperti dilansir dari CNN, Senin (25/1).

Pada akhir tahun 2015, Sift Energy, perusahaan migas asal Houston menjadi perusahaan pengebor ke-42 yang didaftarkan bangkrut. Perusahaan tersebut kesulitan membayar utang senilai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun akibat pendapatannya jatuh 70%.

Para analis menilai, saat ini ada perang minyak antara Arab Saudi dan AS. Arab merasa tersaingi oleh shale oil yang banyak diproduksi AS. Dengan begitu, Arab memacu produksinya dan menekan harga hingga murah. Siapa yang bisa bertahan dengan harga rendah seperti saat ini? Dialah yang akan mampu bertahan dan memenangkan kompetisi.(**)



Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login