IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Kurtubi : DKE Diperlukan, Harga BBM Tidak Harus Turun

Kurtubi : DKE Diperlukan, Harga BBM Tidak Harus Turun

Written By Indopetro portal on Thursday, 7 January 2016 | 13:33

indoPetroNews.com - Anggota DPR Komisi VII, Kurtubi menyesalkan sikap pemerintah yang dianggap terlalu cepat dalam mengeluarkan kebijakan pungutan Dana Ketahanan Energi (DKE).

Pada tata kelola yang dipayungi UU Nomor 8 Tahun 1971 itu, eksplorasi hanya memakan waktu sekitar 3 bulan. Saat ini, eksplorasi normalnya mencapai 5-7 tahun. "Terbukti eksperimen pemerintah gagal," kata Kurtubi, melalui pesan singkatnya, di Jakarta, Kamis (7/1).

Menurut anggota fraksi partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini, kajian pemerintah terhadap kebijakan DKE kurang komperhensif. Jika pemerintah menganggap dana pungutan tersebut dibutuhkan, seharusnya pemerintah tidak perlu menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM).

"BBM turun pun, jika pemerintah tidak memberi jaminan dan upaya untuk menurunkan harga barang dan jasa lainnya, sama saja," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh, Kepala Bagian Humas SKK Migas, Elan Biantoro, disela acara konfrensi pers, di kantor SKK Migas, awal minggu lalu. Elan mengatakan bahwa pemerintah, dalam hal ini Menteri ESDM, Sudirman Said, terlalu terburu-buru dalam mengambil kebijakan.

"Harusnya untuk melakukan 'test case', tidak perlu keluar dari Pak Menteri. Sampai dengan saat ini pun, kita tidak tahu siapa yang menjabat Humas di Kementerian ESDM," sebut Elan.

Sebagai informasi, Pemerintah berencana memungut dana ketahanan energi pada setiap masyarakat yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar. Kebijakan ini ditetapkan seiring dengan pengumuman penurunan harga BBM pada 23 Desember lalu dan akan efektif berlaku pada 5 Januari 2016.

Kebijakan ini pada dasarnya memiliki tujuan positif karena akan mendukung perkembangan energi baru dan terbarukan. Namun, pemerintah dinilai terlalu dini untuk menetapkan kebijakan tersebut karena belum memiliki dasar hukum yang jelas.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login