IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pemerintah Belum Putuskan Institusi Pengelola DKE

Pemerintah Belum Putuskan Institusi Pengelola DKE

Written By Indopetro portal on Monday, 4 January 2016 | 19:33

indoPetroNews.com - Pemerintah berencana mulai memungut dana ketahanan energi per 5 Januari 2016. Terkait institusi yang ditunjuk untuk mengelola dana tersebut, pemerintah belum dapat memastikan institusi mana yang bisa terhubung nantinya.

"Kemungkinannya, dari Menteri ESDM maupun Menteri Keuangan. Keputusannya, berdasarkan situasi," tegas Menteri ESDM, Sudirman Said, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (4/1).

Sudirman mengaku jika dasar hukum yang dipakai saat ini, masih belum mengakomodasi tentang nominalnya, mekanismenya, dan institusi yang terkait. "Jadi PP-nya mengatur tiga hal, sumber dari mana, mungutnya gimana, penggunaannya sebanyak apa dan intitusinya gimana," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Darmin Nasution, mengatakan bahwa dana pungutan ketahanan energi masih tetap harus dijalankan mulai 5 Januari 2016. Dan dana tersebut hingga 10 Februari 2016 akan dikelola oleh PT. Pertamina (Pesero).

"Pasca 10 Februari 2016, dana pungutan tadi akan diserahkan kepada Badan Layanan Umum (BLU) bentukan dari PP yang akan dibuat," tegas Darmin.

Terlepas dari itu, Sudirman mengatakan, desa-desa yang belum mendapat aliran listrik akan menjadi sasaran utama dari kebijakan ini.

Sumber energi baru dan terbarukan, katanya, dibangun melalui pungutan dari DKE. Sebelumnya, Sudirman menyebut DKE tidak akan diambil dari konsumen, melainkan, dari badan usaha.

"Sebagai konsekuensi pemerintah melalui regulasi harus memberi margin yang lebih longgar kepada Badan Usaha," katanya.

Sementara, Direktur Penyaluran Dana Badan Layanan Umum (BLU) CPO Fund, Dadan Kusdiana mengatakan pungutan tersebut memiliki skema yang sama dengan pola mengelola dana perkebunan kelapa sawit.

"Saya pikir untuk DKE mungkin saja polanya akan sama, tapi itu semua tergantung kebijakan pemerintah," ujar Dadan, saat dihubungi indoPetroNews.com. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login