IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Cari Mitra Bangun Kilang Tuban

Pertamina Cari Mitra Bangun Kilang Tuban

Written By Indopetro portal on Wednesday, 20 January 2016 | 15:10

indoPetroNews.com – Diketahui PT. Pertamina (Pesero) tengah mencari mitra untuk pembangunan kilang minyak di Tuban, Jawa Timur. "Kita masih mencari mitra untuk menggarap proyek kilang Tuban, sambil menunggu surat penugasan yang dikirimkan oleh Kementerian ESDM," ujar VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, di Jakarta, Rabu (20/1).

Wianda mengatakan bahwa, pembangunan kilang Tuban tersebut sifatnya adalah penugasan, dan pembiayaannya bisa dari Pertamina sendiri atau mencari mitra kerja. Pertamina pun masih belum bisa memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun kilang, karena semuanya masih dalam proses perhitungan dan pencarian mitra.

Direktur Pembinaan Hilir Kementerian ESDM, Setyo Rini Tri Hutami mengatakan, pemerintah tengah menyusun surat penugasan untuk Pertamina membangun kilang. Ditargetkan dalam waktu dekat surat tersebut sudah diserahkan ke Pertamina, agar proyek kilang tersebut bisa segera jalan. "Sedang dikonsepkan, secepatnya akan diberikan," ujar Rini.

Sebagaimana diketahui, akan ada dua kilang yang akan dibangun, yakni di Tuban dan Bontang. Untuk kilang Tuban, skemanya adalah penugasan, dan pemerintah menugaskan Pertamina.

Untuk kilang di Bontang, akan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Meski merupakan kerjasama pemerintah dan swasta, tapi Pertamina pun dilibatkan sebagai penanggungjawab proyek kerjasama (PJPK) tersebut.

Sebelumnya, pemerintah mengeluarkan Perpres No 146 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Pembangunan dan Pengembangan Kilang Minyak di Dalam Negeri. Selain itu, pemerintah juga telah menunjuk PT Pertamina Persero selaku BUMN untuk membangun kilang tersebut.(*)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login