IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » 15 Tahun eSPeKaPe Mengawal Pertamina

15 Tahun eSPeKaPe Mengawal Pertamina

Written By Indopetro portal on Wednesday, 10 February 2016 | 16:14

indoPetroNews.com-Roh kedaulatan energi Indonesia terletak pada UU Pertamina No. 8 Tahun 1971. Saat itu Pertamina menghasilkan pemasukan ke kas negara sebesar 60% dari hasil bersih yang Pertamina dan kontraktor peroleh.

Namun hal tersebut terdistorsi oleh merebaknya Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) di masa itu. Pandangan tersebut mengemuka dalam rekomendasi Hari Ulang Tahun ke 15 Solidaritas Pensiunan Karyawan Pertamina (eSPeKaPe), pada Rabu (10/2/2016) di gedung juang 45 Jakarta.
Hadir dalam kesempatan itu diantaranya adalah Ugan Gandar, Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB), Binsar Effendi Hutabarat, Ketum eSPeKaPe, Yusri Usman, pengamat kebijakan energi, Teddy Syamsuri, pendiri eSPeKaPe, dan beberapa tokoh pensiunan Pertamina.

Menurut Teddy Syamsuri, pendiri eSPeKaPe, saat ini pun pemberantasan KKN juga begitu gencar.  Pertamina pun berada pada rezim UU Migas No. 22 Tahun 2001yang sarat nuansa Liberalisme dan kekuatan asing.

"Alih alih bisa secara tuntas menyelesaikan praktik-praktik KKN, tetapi justru terjadi politisasi yang dihembuskan para politisi di Senayan,"kata Teddy Syamsuri. Contohnya intervensi kebijakan Pertamina saat meluncurkan produk non PSO Pertalite.

Pemerintah, kata Teddy, selaku pemegang saham dominan di Pertamina bukan memberi ruang ke korporasi untuk mengais keuntungan saat Pertamina mengeluarkan kebijakan kenaikan harga elpiji non PSO yang menjadi hak perusahaan, malah minta untuk dibatalkan dan Pertamina terus menanggung kerugian triliunan rupiah.

Hal lain yang disoroti Teddy adalah isu penunjukan tender oleh ISC Pertamina untuk impor BBM solar yang terindikasi pemburuan rente oleh oknum Pertamina. Kasus ini, lanjut Teddy, sempat diselidiki oleh Bareskrim Mabes Polri karena penunjukan tender yang salahi aturan dan disinyalir merugikan negara.

Acara ini diakhiri dengan pembacaan Rekomendasi HUT ke 15 eSPeKaPe. Rekomendasi ini menurut Binsar Effendi Hutabarat akan juga disampaikan kepada DPR, pemerintah, korporasi dan stakeholders. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login