IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » 900 Rumah Warga Bekasi Menikmati Gas Kota

900 Rumah Warga Bekasi Menikmati Gas Kota

Written By Indopetro portal on Friday, 12 February 2016 | 10:27

indoPetroNews.com-Pengaliran gas ke rumah-rumah warga akan dilakukan secara bertahap. Targetnya 46.500 pelanggan. Sejak Kamis (11/02/2016), warga Kabupaten Bekasi, Jawa Barat secara bertahap mulai menikmati fasilitas jaringan gas kota. Pengelolaan jaringan gas kota yang dibangun Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDMcq Ditjen Migas melalui tahun anggaran 2014, tersebut, dilakukan PT Pertamina (Persero) melalui afiliasinya, PT Pertagas Niaga.

Menurut President Director PT Pertagas Niaga, Jugi Prajogio, sumber gas untuk jaringan gas kota tersebut berasal dari sumur Pertamina EP di wilayah Jawa Barat dengan alokasi 0,2 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).  Untuk tahap awal, fasilitas jargas tersebut akan mengalir ke sekitar 900 rumah di wilayah Desa Jaya Mukti, Cikarang Pusat dan Kelurahan Serta Jaya, Cikarang Timur. Selanjutnya, pengaliran gas ke rumah-rumah warga akan dilakukan secara bertahap hingga mencapai 4.000 sambungan rumah tangga.

“Bekasi merupakan kota kedua yang menikmati fasilitas jaringan gas kota yang dikelola Pertamina pada tahun 2016, setelah Bulungan di Kalimantan Utara. Ini adalah bentuk sinergi Pertamina. Gasnya dari Pertamina EP, menggunakan pipa transmisi Pertagas dan pengelolanya Pertagas Niaga,” ujar Jugi.

Jugi menambahkan, bahwa jaringan gas kota di Kabupaten Bekasi akan berkembang terus karena banyak potensi pelanggan kecil yang bisa memanfaatkan jaringan gas kota untuk bisnisnya. Untuk itu, lanjutnya, PT Pertagas Niaga menargetkan, pada tahun ini seluruh sambungan jargas Bekasi bisa semua teraliri.


Saat ini, Pertagas Niaga tercatat telah mengoperasikan jaringan gas kota di Kota Jambi, Sengkang, Prabumulih, dan Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah pengguna sekitar 17.000 pelanggan. Dengan pengoperasian ini, maka seluruh jumlah pelanggan jargas Pertamina ditargetkan akan mencapai 46.500 pelanggan hingga akhir tahun. 

Sementara itu, Kepala Desa Jaya Mukti, Bekasi, Martin Harjawinata mengaku, warga sudah sejak lama menanti gas kota mengalir. "Kami dan Pertamina sudah melakukan sosialisasi dan sambutan warga sangat baik, “ kata Martin Harjawinata menyambut baik terealisasinya fasilitas jaringan gas kota (city gas) di wilayahnya.(Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login