IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Dukung Pengelolaan Blok Masela, Politeknik Segera Berdiri

Dukung Pengelolaan Blok Masela, Politeknik Segera Berdiri

Written By Indopetro portal on Thursday, 25 February 2016 | 20:03

indoPetroNews.com- Berbagai upaya untuk mendukung terealisasinya pengelolaan Blok Masela terus dikembangkan. Termasuk mempersiapkan tenaga sumberdaya manusia (SDM). Salah satunya rencana pendirian Politeknik di Kepulauan Aru, Maluku.

"Realisasi Politeknik ini secepatnya harus berdiri. Tahun depan sudah harus berdiri sesuai instruksi Menteri Ristekdikti. Dan ini sudah kita koordinasikan dengan Kementerian ESDM," kata Jumain, Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristek Dikti, Kamis sore (25/2/2016) di Gedung BPPT, Jakarta Pusat.

Kepulauan Aru, kata Jumain, terletak tidak jauh dari Masela. "Masela yang mempunyai potensi minyak dan gas (migas) yang cukup besar," kata Jumain. Oleh karena itu, imbuh Jumain, bidang studi keilmuan yang akan dikembangkan di Politeknik adalah ilmu-ilmu yang mendukung potensi sumber daya alam (SDA) daerah Kepulauan Aru tersebut.

Jumain menjelaskan pihaknya pun telah mempersiapkan tenaga-tenaga pengajar maupun pembina dari berbagai perguruan tinggi ternama, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Sebagai catatan, terdapat 25 blok migas di Maluku. Sekitar 15 blok diantaranya sudah memiliki investor, sedangkan 10 blok lainnya dalam proses tender mencari investor. Potensi migas yang luar biasa besarnya yang dimiliki Maluku ada di Blok Masela, Blok Babar Selaru, Blok Pulau Moa Selatan, dan Blok Roma. 

Blok Masela dengan cadangan gas abadi diperkirakan memiliki jangka waktu produksi mencapai 70 tahun.(Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login