IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Faisal Basri : Boleh Jadi Mafia Migas Menyusup ke Istana

Faisal Basri : Boleh Jadi Mafia Migas Menyusup ke Istana

Written By Indopetro portal on Monday, 29 February 2016 | 10:49

indoPetroNews.com - Audit forensik atas Pertamina Energy Service Pte Ltd (PES)/ Petral sudah diungkapkan ke publik oleh pemerintah. Demikian diungkapkan oleh Faisal Basri, pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia (UI), seperti yang ditulis dalam blognya faisalbasri01.wordpress.com

“Sudah terang benderang peranan Riza Chalid dengan kelompok usahanya yang beromset puluhan miliar dollar AS dalam perdagangan minyak dan Bahan Bakar Minyak (BBM). Sudah terungkap pula nama-nama pelaku aktif dan fasilitator dari dalam PES/Petral,” tulis Faisal, yang juga mantan Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas ini.

Menurut Faisal, di media massa keterlibatan pejabat tinggi yang memuluskan bisnis minyak Riza Chalid. Awam niscaya mafhum betapa banyak pejabat negara dan mantan pejabat Pertamina yang terlibat. “Mustahil Riza Chalid bisa mulus menjalankan praktek pemburuan rente puluhan miliar dollar AS bertahun-tahun tanpa bantuan para pejabat,” tegas Faisal.

Faisal mengatakan bahwa Riza Chalid dan para kompradornya tidak akan menyerah. “Mereka mengatur siasat untuk bangkit kembali, setidaknya terbebas dari jeratan hukum. Sahabat-sahabatnya diam membisu tentang keberadaan Riza Chalid. Penegak hukum tidak kelihatan sibuk mencarinya. DPR tak terdengar hendak membentuk pansus,” tandas Faisal.

Struktur kekuatan politik, lanjut Faisal Basri, sangat terdispersi memungkinkan para mafia melakukan lobby ke dalam pemerintahan. “Boleh jadi sudah menyusup ke dalam istana. Presiden harus waspada terhadap lingkungan istana. Mereka menyebar kaki tangan menjadi musuh dalam selimut,” ucap Faisal.

Faisal juga mewanti-wanti agar selalu waspada. “Amankan Pertamina dari gerayangan para mafia. Istana harus steril dari pengaruh mereka,” terang Faisal. (Sofyan)

Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login