IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Harga Minyak Melorot, Seharusnya Industri Bisa Lebih Bersaing

Harga Minyak Melorot, Seharusnya Industri Bisa Lebih Bersaing

Written By Indopetro portal on Thursday, 18 February 2016 | 09:42

indoPetroNews.com-Turunnya harga minyak mentah sejatinya berdampak positif bagi dunia industri. Pasalnya, beban untuk membayar impor minyak menjadi lebih rendah. “Dunia ndustry pun bisa menjadi lebih bersaing karena biaya energya menjadi lebih murah,” kata Iman Sugema, Komisaris  Utama PGN, kepada indoPetroNews.com Kamis (18/2/2016) di Jakarta

Sayangnya, imbuh Iman Sugema, hal tersebut tidak terjadi di Indonesia. Salah satu penyebabnya, infrastruktur energinya yang tidak memungkinkan untuk melakukan ekspansi. “Setiap ekspansi butuh energi tambahan. Kalau energinya tidak ada bagaimana? Berarti kan tidak bisa ekspansi,” tegas Iman.

Walaupun harga produk kita bisa bersaing di pasaran dunia tapi kalau yang akan melakukan ekspansi terkendala dengan ketersediaan minyak dan gas (migas) maka kita tidak bisa berharap produksi akan naik.

“Belum lagi infrastruktur lainnya, seperti jalan dan lain sebagainya,” imbuh Iman Sugema. Dengan ungkapan lain, kita terlambat menyediakan infrastruktur sehingga menjadi salah satu sebab harga BBM di Indonesia tidak turun padahal harga minyak global anjlok.  

Oleh karena itu, selain tetap menggarap sektor hulu migas, infrastruktur migas pun harus dibangun lebih dulu dibandingkan perkembangan ekonomi. Namun faktanya tidak demikian. “Kebutuhannya 10, penyediannya 9. Maka tidak bisa bergerak menjadi 10 kalau suplainya hanya 9,” tandas ekonom Megawati Institute ini.


Imam juga menegaskan bahwa negeri ini memiliki penyakit yang sangat struktural. “Seharusnya dengan harga minyak yang lebih murah maka berarti beban untuk membayar impor minyak menjadi lebih rendah. Kalangan industri pun bisa menjadi lebih bersaing karena biaya energinya menjadi lebih murah,”papar Iman. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login