IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Kepala SKK Migas: Bunga Bank dan CSR KKKS tak Masuk Cost Recovery

Kepala SKK Migas: Bunga Bank dan CSR KKKS tak Masuk Cost Recovery

Written By Indopetro portal on Tuesday, 23 February 2016 | 16:57

indoPetroNews.com-Biaya bunga bank Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) tidak masuk elemen cost recovery. Hal itu ditegaskan, Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Amien Sunaryadi,  saat menjawab pertanyaan dari Kurtubi, anggota Komisi VII DPR dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) saat acara Rapat Dengar Pendapat (RDP) SKK Migas dengan Komisi VII DPR pada Selasa (23/2/2016) di Gedung DPR RI, Jakarta. 

 Dulu, ungkap Amien, ada yang namanya interest recovery sebagai bentuk insentif. "Tetapi sekarang sudah tidak ada lagi," tandasnya. Selain itu, lanjutnya, CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan kontraktor minyak dan gas bumi tidak lagi dibayar oleh cost recovery. "Ini berdasarkan Peraturan Pemerintah  No. 79 Tahun 2010," tegas Amien. 

Amien menjelaskan bahwa pihaknya telah membentuk Sistem Informasi Aset dalam menjaga aset-aset milik para kontraktor. "Berikut nomor seri-serinya," kata Amien. Selain itu, pihaknya mengaudit para kontraktor berikut aset-asetnya. "Bahkan BPKP juga gencar melakukan audit aset, " tegas Amien. 

Sebelumnya, Kurtubi mempertanyakan apakah biaya bunga bank Kontraktor KKS masuk cost recovery atau tidak. "Karena kita mengetahui bahwa pihak kontraktor itu meminjam uang dari bank sebagai dana operasi," tandasnya.  Dia meminta  biaya bunga bank bisa dijelaskan. Kurtubi juga mempertanyakan tentang dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang dulu dibiayai cost recovery. 

Sementara itu, Harry Poernomo, anggota Komisi VII DPR dari Partai Gerindra, mempertanyakan metode SKK Migas menjaga aset-aset milik para kontraktor. "Sebab aset-aset tersebut pada akhirnya menjadi milik pemerintah Indonesia," terang Harry. 

RDP ini dihadiri beberapa Kontraktor KKS, seperti dari Chevron Indonesia, BP Indonesia, Pertamina EP, ExxonMobil Blok Cepu dan perwakilan para kontraktor lainnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login