IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Koalisi Masyarakat Sipil Siap Kawal Korsup Migas

Koalisi Masyarakat Sipil Siap Kawal Korsup Migas

Written By Indopetro portal on Friday, 19 February 2016 | 15:44

indoPetroNews.com-Koalisi Publish Whay You Pay (PWYP) Indonesia menyambut baik dan siap mendukung langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan Koordinasi dan Supervisi (Korsup) di sektor minyak dan gas (migas).

Langkah KPK bersama Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang dicanangkan dalam Rapat Koordinasi pada 15 Februari 2016 sangat penting untuk menutup celah korupsi dan mendorong kedaulatan energi dengan membenahi sistem dan tata kelola di hulu dan hilir migas.

Maryati Abdullah, Koordinator Nasional Koalisi PWYP Indonesia menyatakan, pihaknya siap mengawal perjalanan Korsup Energi ini ke depannya. Dia meminta semua pemangku kepentingan di sektor energi mampu bekerjasama dengan KPK, baik dalam bentuk support data dan melakukan penyesuaian dan langkah-langkah rencana aksi dalam membenahi kebijakan dan tata kelola di sektor energi yang telah dirumuskan bersama.

Koordinasi dan Supervisi Energi yang digagas oleh KPK bersama Kementerian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan sistem data dan informasi; perbaikan tata kelola; serta pecengahan kebocoran di sektor hulu dan hilir.

“Tata kelola sektor energi dan migas selama beberapa tahun terakhir menjadi sorotan tajam. Sejumlah kasus korupsi di sektor migas, tambang, listrik dan energi terbarukan yang melibatkan pejabat negara sudah terungkap. Jangan sampai sektor vital negara ini malah jadi bahan bancakan segelitir orang,” ujar Maryati kepada indoPetroNews.com Kamis (18/2/2016) di Jakarta.

Menurut Maryati, PWYP Indonesia sebagai koalisi masyarakat sipil yang fokus pada reformasi tata kelola sektor migas siap mendukung upaya KPK tersebut.

“Partisipasi masyarakat sipil sangatlah penting untuk memantau dan memberikan data pendukung dalam pelaksanaan Korsup sehingga tidak satu arah,” tegas Maryati.

Korsup energi meliputi migas, kelistrikan dan energi baru terbarukan. Tujuh fokus Korsup Energi KPK dalam mewujudkan kedaulatan energi ini meliputi:  penataan perijinan, pelaksanaan kewajiban para pihak, pengawasan dan pengendalian, pengembangan dan integrasi sistem data dan informasi, pemenuhan hak-hak masyarakat, penataan regulasi, serta penataan tata kelola kelembagaan. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login