IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Menpar Arief Yahya: Ada Naga Langit di Pontianak

Menpar Arief Yahya: Ada Naga Langit di Pontianak

Written By Indopetro portal on Tuesday, 16 February 2016 | 07:39

indoPetroNews.com- Menpar Arief Yahya tak tak henti-hentinya mempromosikan atraksi wisata budaya terkait Imlek dan Cap Go Meh di nusantara. Kali ini dia bercerita tentang Naga Langit, sepanjang 100 meter di ibu kota Kalbar, Pontianak. "Tradisi ini akan menjadi daya tarik baik wisman maupun wisnus yang luar biasa ke Pontianak. Silakan tonton puncak perayaan Cap Go Meh di sana," kata Menpar Arief Yahya.

Naga langit itu, kata Arief Yahya, dibuat oleh Chung Ciung On alias A Bong, di Jakarta yang kemudian dibawa ke sebuah ruko di Gang Usaha, Jl Raya Sui Pinyuh, Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kalbar. Naga itu dibuat dengan rangka fiber serta kain parasut dan akan disinari cahaya ultra violet. "Anda pasti penasarab kan? Nah, catat tanggal mainnya, pastikan ke Kalbar," ajak Menpar yang mantan Dirut PT Telkom itu.

Seperti diketahui, perayaan Imlek 2016 sudah heboh di semua kota di Indonesia. Termasuk Bali, karena ada 200 charter flight menerbangkan turis asal Tiongkok itu ke Pulau Dewata. Cap Go Meh biasanya dilaksanakan 15 hari selepas Imlek, dan yang paling heboh dilakukan di Singkawang. "Di Jakarta sendiri akan dipusatkan di Glodok, Jakpus," ungkapnya.

Rencana besar perayaan Cap Go Meh di Pontianak ini rupanya mampu menghipnotis sejumlah wisatawan asing. Warga keturunan Tionghoa yang berasal darinMalaysia, Brunei Darussalam dan Thailand mulai terbang ke Pontianak. Semuanya seperti tak sabar melihat penampilan Naga Langit di Cap Go Meh. “Malaysia, Brunei dan Thailand bahkan ikut serta di atraksi barongsai,” terang Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, yang didampingi Kepala dinas pariwisata dan ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi Kalbar Simplisius, Senin (15/2).

Lantas apa itu Naga Langit? Kenapa ‘naga’ itu diburu tiga negara? Rupanya, naga ini bukan naga sembarangan. Ukurannya sangat besar. Dari paparan Simplisius, seluruh bagiannya terbagi atas 36 sambungan. Menariknya saat malam hari replika naga ini akan berpendar dan bercahaya. Seluruh tubuh naga dicat khusus yang memancar ketika disorot lampu ultraviolet. “Kepalanya sebesar minibus jenis Kijang Innova Jika disinari cahaya ultraviolet akan bercahaya dan sangat indah,”” ungkapnya.

Naga langit yang tengah dipersipkan bentuknya tersebut, merupakan kali pertama diwujudkan di Kota Pontianak dan Kalbar umumnya. Lantaran ini merupakan hal baru. Pemkot berencana akan mengundang Museum Rekor

Dunia Indonesia (MURI). “Karena replika naganya memiliki kepala yang sangat besar, yakni seperti naga dari langit,” jelasnya. Dari laporan yang diterima Simplisius, sejauh ini terdapat 14 naga yang yang dipastikan akan tampil di Cap Go Meh. Hal ini diyakini akan semakin membuat Pontianak semarak denga berbagai atraksi yang disuguhkan. (*)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login