IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Perkuat Ketahanan Energi dengan Bangun Strategic Petroleum Reserve

Perkuat Ketahanan Energi dengan Bangun Strategic Petroleum Reserve

Written By Indopetro portal on Friday, 19 February 2016 | 09:31


indoPetroNews.com-Menampung minyak mentah sebanyak-banyaknya. Itulah peluang yang dapat dilakukan pemerintah untuk memperkuat ketahanan energi dalam negeri saat harga minyak global menurun, “Sejatinya minyak dapat ditampung sebanyak-banyaknya. Peluang ini bisa dilakukan bila Indonesia membentuk Strategic Petroleum Reserve (SPR),” kata Inas Nasrullah Zubir, anggota Komisi VII DPR kepada indoPetroNews.com Jumat (19/2/2019) di Jakarta.

Bila hal tersebut diimplementasikan maka secara strategis berdampak pada ketahanan energi akan lebih kuat.  Inas mencontohkan Jepang. Negeri  Sakura ini mempunyai cukup cadangan minyak mentah hingga setahun.

“Kalau dalam kondisi perang negeri yang terkenal dengan negara Matahari Terbit ini bisa berperang selama setahun. Sedangkan Indonesia hanya dua hari kalau kondisi berperang. Karena karena terbatasnya persediaan BBM untuk peralatan sejatanya,”kata alumnus Akademi Teknologi Nasional (ITENAS), Bandung ini, sembari menyesali lambannya proses pembahasan RUU Migas.

Menurut Inas, RUU Migas masih berada pada tahap kajian. “Kita masih mendengarkan pendapat para pakar. Ia juga mengutarakan se­suai dengan amanat UUD 1945 Pasal 33 ayat 2, kekayaan sumber daya alam seharusnya digunakan se­penuhnya untuk hajat hidup masyarakat Indonesia.

Dia juga berharap ke depannya RUU Migas harus membahas dan mengatur mengenai hilir Migas secara keseluruhan sehingga tidak ada celah lagi untuk mafia Migas masuk dan merongrong kekayaan masyarakat Indonesia.


“RUU yang akan dibuat nanti harus seimbang antara hulu dan hilir, karena UU Migas Nomor 22 Tahun 2001 itu, 90% justru lebih banyak mengatur bisnis hulu sedangkan pada bagian hilir nyaris tidak diatur dengan baik,” tambah Inas. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login