IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Permen ESDM 37 Tahun 2015 Dinilai Terlalu Liberal

Permen ESDM 37 Tahun 2015 Dinilai Terlalu Liberal

Written By Indopetro portal on Wednesday, 24 February 2016 | 15:36

indoPetroNews.com-Peraturan Menteri (Permen) Nomor 37 Tahun 2015 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tentang Ketentuan
 dan Tata Cara  Penetapan Alokasi dan Pemanfaatan serta Harga Gas Bumi dinilai terlalu liberal. Hal tersebut disampaikan, Marwan Batubara, Pengamat Energi.

"Indikasi liberalnya terletak pada aspek tradernya. Publik tidak diuntungkan oleh trader," ungkap Direktur Eksekutif Indonesia Resources Studies ini kepada indoPetroNews.com disela-sela acara seminar  nasional Pelaksanaan Permen Nomor 37Tahun 2015 di Tengah Plus Minus Implementasi Tata Kelola Migas Nasional, yang diselenggarakan Yayasan Rumah Energi, Rabu (24/2/2016) di Jakarta.

Seharusnya, ungkap mantan anggota DPD ini, harga gas bumi diatur oleh pemerintah. "Selanjutnya trader bisa melakukan kerjasama dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah)," tandas Marwan. Dia meminta agar Permen tersebut diperbaiki dan disempurnakan.

Revisi terjadi disinyalir akibat tekanan pihak tertentu. "Boleh jadi pemerintah kewalahan menghadapi tekanan," tegas Marwan.

Tekanan dari siapa? "Dari pihak yang berada di balik sang trader," tegas Marwan tanpa menjelaskan siapa pihak yang berada dibalik sang trader.

Seperti diketahui, Menteri ESDM menetapkan kebijakan alokasi dan pemanfaatan Gas Bumi untuk mengupayakan kebutuhan dalam negeri dapat dipenuhi secara optimal.

Permen 37/2015 ini merupakan pengganti dari Permen ESDM sebelumnya yang mengatur tentang Alokasi dan Pemanfaatan Gas Bumi untuk pemenuhan Kebutuhan Dalam Negeri yaitu Permen ESDM Nomor 3 tahun 2010.

Dibandingkan dengan Permen sebelumnya, Permen yang baru ini mengatur lebih luas yang terdiri dari 8 Bab dan 32 Pasal, dimana sebelumnya hanya terdiri dari 10 Pasal yang diklasifikasi dalam 4 Bab.(Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login