IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Resmi Membuka Universitas Pertamina

Pertamina Resmi Membuka Universitas Pertamina

Written By Indopetro portal on Thursday, 11 February 2016 | 13:43

indoPetroNews.com - PT. Pertamina (Persero) resmi membuka Universitas Pertamina. Pertamina telah menunjuk Pertamina Foundation, yang akan melakukan pengelolaan aset untuk mendukung penyelenggaraan Universitas Pertamina yang meliputi sarana dan prasarana untuk kampus, sarana olah raga perpustakaan & Iaboratorium.

“Sejak didirikan pada tahun 2011, Pertamina Foundation telah menyelenggarakan berbagai kegiatan di bidang sosial dan kemanusiaan, berfokus pada bidang pendidikan dan lingkungan hidup. Pada tahun 2015, kami ingin meningkatkan fokus kami pada berbagai program pendidikan untuk memperluas cakupan wilayah kerja dan pendanaan program, serta membangun sistem manajemen program berbasis Teknologi Informasi. Peresmian Universitas Pertamina ini menjadi sebuah awal bagi kami untuk membangun individu yang kompeten dan dapat bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN,” ujar Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Umar Fahmi, kepada sejumlah media dan para tamu undangan.

Mulai dari tahun 2016 hingga tahun 2020, Pertamina Foundation berfokus kepada penyediaan infrastuktur dasar meliputi pembangunan kampus I, ruang kuliah, laboratorium, serta penyiapan sistem pembelajaran dan administrasi. Pada tahun 2021, pembangunan kampus utama serta pengembangan pusat kegiatan mahasiswa ditargetkan untuk dimulai.

“Pertamina Foundation mengalokasikan dana Rp680 miliar untuk lima tahun ke depan guna pengembangan Universitas Pertamina. Untuk tahun pertama, alokasi dana Universitas Pertamina diproyeksikan senilai Rp80 miliar,” kata Umar Fahmi.

Menempati lahan seluas 6,5 hektare di kawasan Simprug, Jakarta Selatan, Universitas Pertamina akan menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2006/2017 pada Juli mendatang. Universitas Pertamina menawarkan 15 program studi strata—1, melalui 6 fakultas yang ada yakni, Fakultas Teknologi Eksplorasim Fakultas Teknologi lndustri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Perencanaan Infrastruktur, Fakultas Sains, serta Fakultas Komunikasi dan Diplomasi.

"Kami bertekad untuk menciptakan lulusan yang kompeten untuk bersaing dan dapat menciptakan Iapangan pekerjaan. Tercapainya mobilitas sosial yang memiiiki pengetahuan luas untuk menyelesaikan permasalahan nyata dalam masyarakat, juga menjadi sebuah hal yang ingln kami hasilkan. Selain itu, kami berharap bahwa lulusan Universitas Pertamina juga dapat menciptakan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi masyarakat, negara, bangsa dan peradaban," jelas VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero). Wianda Pusponegoro.

Wianda optimistis kapasitas dan pengalaman Pertamina sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia menjadi keunggulan tersendiri bagi setiap bidang studi yang diselenggarakan oleh Universitas Pertamina Mahasiswa tidak hanya akan mendapatkan fondasi akademik yang kuat di setiap bidang studi tapi juga akan mendapatkan transfer of knowledge yang sangat berharga dari tenaga-tenaga pengajar yang berpengalaman pada kegiatan pengelolaan energi.

"Pada tahun 2021 kami menargetkan untuk membuka 5 program studi strata-2 untuk memberikan wadah yang Iebih besar bagi masyarakat Indonesia untuk menimba ilmu,"ungkap Wianda. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login