IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Pertamina Siap Ambil Alih Blok Migas Habis Kontrak

Pertamina Siap Ambil Alih Blok Migas Habis Kontrak

Written By Indopetro portal on Friday, 12 February 2016 | 14:35

indoPetroNews.com-PT Pertamina (Persero) siap mengambil alih pengelolaan blok-blok migas yang telah selesai kontraknya. Demi mewujudkan itu, perusahaan plat merah ini telah mengalokasikan 70% anggaran investasinya untuk bisnis hulu.
Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto menyatakan, pihaknya berkomitmen menambah keterlibatannya dalam mengelola blok migas di dalam negeri. Pertamina ingin mengambil alih blok migas yang habis kontraknya serta membeli sebagian saham di blok migas yang segera habis kontraknya. "Perseroan telah menyiapkan pendanaan. Siap (pendanaan), kami prioritaskan 70% dari rencana capex (capital expenditure/belanja modal) untuk upstream ," papar Dwi di Jakarta, Kamis (11/2).
Menurutnya, upaya tersebut ditempuh lantaran produksi minyak perseroan masih jauh dari kebutuhan. "Kebutuhan minyak nasional saat ini mencapai 1,6 juta barel per hari (bph). Sementara kemampuan produksi kilang hanya sebesar 880.000 bph dan produksi minyak di hulu oleh Pertamina tidak sampai 300.000 bph," ungkap orang nomor satu di Pertamina ini.
Dia mengaku, Pertamina telah mendaftar beberapa blok migas yang diminatinya untuk diambil alih pascakontraknya selesai. "Pertamina saat ini telah mendapat izin untuk mengkaji potensi migas di Blok Sanga-Sanga. Pertamina juga berminat mengkaji potensi migas Blok East Kalimantan. Kontrak kedua blok ini akan berakhir pada 2018 nanti," tegasnya.(*)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login