IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Presdir Pertagas : Bila Merger, Sebaiknya Dibawah Kontrol Pertamina

Presdir Pertagas : Bila Merger, Sebaiknya Dibawah Kontrol Pertamina

Written By Indopetro portal on Thursday, 18 February 2016 | 09:46

indoPetroNews.com-Wacana akuisisi Pertagas oleh PGN mendapat respon dari Presiden Direktur (Presdir) PT Pertamina Gas (Pertagas), Hendra Jaya.  “Sebaiknya dua perusahaan hasil merger tersebut berada di bawah kontrol Pertamina. Karena Pertamina secara terintegrasi mempunyai sumur-sumur gas yang di upstream, yang hulu. Sehingga kita bisa menguasai midstream maupun douwnstream (distribusi),”  tegas Hendra Jaya, kepada indoPetroNews.com Kamis (18/2/2016) di Jakarta.

Hendra menambahakan, proses merger akan lebih rumit dan proses lebih lama (memerlukan persetujuan dari banyak pihak, seperti Menteri Keuangan, DPR dan lain-lain) ketimbang bersinergi.  

“Sinergi PT Pertagas dan PT PGN adalah pilihan terbaik,” kata mantan Presiden Direktur Nusantara Regas ini. Selain tidak memerlukan tambahan investasi, pengguna akhir produk gas pun mendapat harga yang lebih avordable.

Walaupun demikian, hal tersebut tidak mengurangi kompetisi yang telah berlangsung selama ini. Dengan kompetisi, selain  tidak adanya pengaturan harga, juga perusahaan penyedia jasa dan barang menjadi lebih efesien.

“Kita harus bisa mendeliver jasa atau produk yang efisien dan bisa bersaing di konsumen. Melalui kompetisi, pihak konsumen juga memilki pilihan dan dapat melihat mana diantara perusahaan jasa atau produk yang paling avordable,” kata Hendra Jaya. Jadi tidak terbatas pada satu penyedia jasa dan produk saja.

Hal positif lain bersinergi adalah masing-masing perusahaan bisa menjalankan ketentuan-ketentuan yang diatur oleh regulator dengan baik. Misalnya pemanfaatan fasilitas pipa secara bersama harus dijalankan. 

“Kalau ada pipa kita ya dipakai. Begitu pun kalau ada pipa miliki mereka yang bisa digunakan, pipa distribusi, ya juga bisa digunakan,”papar Hendra, sembari mengutip bunyi yang tertera dalam PP 36 dan Permen 19. (Sofyan)

Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login