IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Revisi UU Migas dan Minerba Prioritas

Revisi UU Migas dan Minerba Prioritas

Written By Indopetro portal on Tuesday, 23 February 2016 | 17:46

indoPetroNews.com-Komisi VII DPR RI menargetkan revisi Undang-undang (UU) Minyak dan Gas Bumi (Migas) dan UU Mineral Batubara (Minerba) dapat rampung dalam waktu dekat. "RUU Minerba dan RUU Migas saat ini sudah masuk dalam Prolegnas (Program Legislasi Nasional,-red) 2016. Dengan harapan revisi dua UU ini akan disahkan pada tahun ini. Paling tidak, tahun ini satu kemudian tahun depannya satu," terang Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu di sela-sela diskusi "Energy Fund dan Petroleum Fund: Mengapa Tidak untuk Indonesia", di KAHMI Center, Jakarta, (23/2).

Menurutnya, kedua UU tersebut merupakan inisiatif DPR yang didasarkan pada isu yang berkembang selama beberapa tahun terakhir. "Saat ini, Komisi VII DPR RI telah mengundang sejumlah pakar dan akademisi terkait bidang tersebut, untuk memperkaya materi pada UU yang akan dibentuk," jelasnya.

Dia mengatakan, pihanya tengah mematangkan pembahasan revisi UU Migas Nomor 22 Tahun 2001, guna mengembalikan kedaulatan energi Indonesia. Hal itu menjadi bagian dari enam program aksi transformasi bangsa yang dijalankannya.

Ke depan, lanjutnya, sumber daya alam migas seluruhnya harus dikelola oleh instansi negara atau BUMN bukan perusahaan-perusahaan asing. "Nantinya BUMN yang akan menjalin kerjasama dengan pihak lain secara B to B (Business to Business),” jelasnya.(**)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login