IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Revisi UU Migas Makin tak Menentu

Revisi UU Migas Makin tak Menentu

Written By Indopetro portal on Friday, 12 February 2016 | 10:04

indoPetroNews.com-Seiring peliknya tantangan ketahanan energi di tengah tingginya konsumsi BBM dan menurunnya harga minyak serta komoditas tambang lainnya, sektor ini terlihat terus berbenah dengan berbagai terobosan-terobosan untuk menyelesaikan beberapa persoalan ‘sistemik’ dari tata kelola migas, dari hulu hingga hilir.

Menurut  Maryati Abdullah, Koordinator Nasional Publish What You Pay Indonesia (PWYP) telah lebih dari 4 tahun Revisi UU Migas menjadi agenda Prolegnas di DPR, tetapi hingga kini revisi UU tersebut belum juga diketok palu oleh DPR.

“Padahal Revisi UU ini penting untuk memberi kepastian Badan Hulu (SKK Migas) karena sebelumnya BPMigas telah dibubarkan atas Putusan MK,” kata Maryati kepada indopetronews.com Jumat (12/2/2016) di Jakarta.

Revisi UU Migas, kata Maryati, juga berkaitan penting dengan aspek ketahanan dan kemandirian energi, transparansi publik, akomodasi aspek lingkungan dan sosial, termasuk menutup celah bagi praktek mafia migas.

“Belum selesai UU Migas direvisi, DPR juga telah memasukkan Revisi UU Minerba sebagai salah satu Prolegas dengan isu utama terkait kewajiban hilirisasi/pengembangan smelter, proses perpanjangan kontrak, dan isu terkait BUMN di sektor Minerba,” kata Maryati.

Tidak pelak lagi, imbuh Maryati, pada 2016 pemerintah harus segera menyelesaikan revisi kedua Undang-Undang ini, untuk memberikan kepastian hukum dan memastikan pengelolaan sumber daya alam migas dan tambang menjadi lebih bertanggungjawab, transparan dan berkelanjutan demi kepentingan nasional.


“Pemerintah dan DPR juga harus memastikan bahwa revisi kedua UU ini tidak ditunggangi oleh kepentingan ‘mafia’ yang mengutamakan perburuan rente bagi pribadi, elit dan kepentingan kelompok tertentu,” tegas Maryati. (Sofyan) 
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login