IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Rizal Ramli: Indonesia Siap Bangun Kilang Baru

Rizal Ramli: Indonesia Siap Bangun Kilang Baru

Written By Indopetro portal on Thursday, 18 February 2016 | 16:37

indoPetroNews.com - Adanya kilang minyak mentah, biaya produksi dipastikan bisa lebih murah. Penegasan tersebut ditegaskan oleh Rizal Ramli, Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, di Jakarta.

Selama ini, ungkap Rizal, minyak mentah kita diekspor ke Singapura. "Diolah di sana, lalu dikirim kembali ke Indonesia. Otomatis mata rantainya lebih panjang," terang Rizal kepada indoPetroNews.com Kamis (17/2/2016) di gedung BPPT Lt. 3 Jakarta Pusat.

Singapura mengambil keuntungan 20%. "Bila minyak mentah diolah di dalam negeri, sudah pasti harga BBM pun 50% lebih murah," ungkap Rizal.

Rizal juga tidak menampik bahwa selama ini ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan dari bisnis proses pengolahan minyak mentah di Singapura. Oleh sebab itu, lanjut Rizal, pemerintah saat ini berkomitmen untuk membangun kilang baru untuk mengolah minyak mentah.

"Cukup banyak investor beberapa negara, seperti Iran dan Arab Saudi yang telah menjanjikan berinvestasi kilang," kata Rizal.

Selain itu, Rizal berharap agar pembangunan kilang baru jangan dibatasi dengan spesifikasi minyak mentah jenis tertentu saja.

 "Misalnya, jenis minyak ini cocoknya untuk kilang di sana. Sedangkan minyak jenis ini lebih cocok untuk kilang di sini. Bangun saja kilang untuk beberapa jenis minyak sehingga dapat menampung segala jenis minyak mentah. Dengan demikian, yang akan diuntungkan pada akhirnya adalah harga BBM kita dapat lebih dijangkau oleh rakyat," tegas Rizal.(Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login