IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Rizal Ramli : Ini Era Buyer Market, Bukan Seller Market

Rizal Ramli : Ini Era Buyer Market, Bukan Seller Market

Written By Indopetro portal on Monday, 22 February 2016 | 10:53

indoPetroNews.com-Saat ini eranya buyer market bukan seller market. Karena itu, membangun kilang tidak akan semahal zaman dulu.

Hal tersebut dikatakan Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli. “Saat ini terdapat buyer market. Sebab persediaan melimpah dan pembelinya sedikit. Dulu sebaliknya,seller market. Penjualnya yang menentukan sekarang pembelinya yang menentukan,” kata Rizal kepada indoPetroNews.com Senin (22/2/2016) di Jakarta.

Di dunia pun, lanjut Rizal, sekarang kebanyakan pasokan. “Ini karena embargo Iran sudah dicabut. Begitu pun Irak juga memproduksi. Rusia juga besar, bahkan nyaris sama besarnya produksi minyaknya dengan Saudi Arabia,” kata Rizal. Akibatnya, pembeli sangat menentukan.

Kondisi ini, kata Rizal, membuat kita dapat keleluasaan menentukan. “Bahasa sederhananya begini. Kalau kita bilang, kita beli deh crude oil kamu tapi kamu bangun kilang dengan harga diskon, tentu banyak yang berminat,” tandas Rizal. Karena itu, Rizal berharap agar pola pikir pemimpin harus berubah, jangan seperti dulu lagi.

Kalau dulu, imbuhnya, membuat kilang mahal karena tidak ada pilihan. “Kalau sekarang, asal kita bersedia beli crude oil dalam jangka panjang, misalnya dengan Rusia, Iran, atau Saudi Arabia. Mereka enggak akan keberatan bangun kilang,” papar Rizal. Jadi prosesnya dapat dibuat semaksimal mungkin tapi juga jangan dibatasi kilang untuk minyak jenis tertentu saja.

“Enggak lucu, kita menghasilkan minyak mentah, lalu dieskspor ke Singapura untuk diproses. Setelah menjadi minyak jadi, dikirim lagi ke Indonesia,” tegas Rizal, menutup pembicaraan. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login