IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Shannon O'Keeffe : Kita Sudah Dicurangi Chevron

Shannon O'Keeffe : Kita Sudah Dicurangi Chevron

Written By Indopetro portal on Friday, 12 February 2016 | 15:13

indoPetroNews.com-Hati-hati dengan perusahaan-perusahaan minyak dan gas (migas) multinasional.
Pesan tersebut ditegaskan oleh Shannon O'Keeffe, Campaigns Director International Transport Workers' Federation yang bermarkas di Sydney Australia, dalam satu diskusi di Jakarta.
"Kita sudah dicurangi," kata O'Keeffe di Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Menurut O'Keeffe kasus Gorgon Project di Australia selayaknya menjadi pelajaran bagi para pelaku industri minyak dan gas, baik dari swasta maupun pemerintah Indonesia.

Seperti diketahui, PT Chevron menjadi operator pengerjaan proyek Gorgon atau Liquid Natural Gas (LNG). Dalam masa proses pengerjaannya perusahaan asal negeri Amerika Serikat ini ternyata berlaku dhalim dengan berbagai cara agar dapat terhindar dari kewajiban membayar pajak.

 "Chevron penghindar pajak terbesar di negeri kita," ungkap O'Keeffe.
Oleh sebab itu, O'Keeffe menyarankan untuk menghindari kecurangan dalam berkontrak maka kontrak harus ditegaskan poin-poin tentang pemantauan dan penegakan secara transparan. "Fase konstruksi dan eksplorasi menjadi titik rawannya," kata O'Keeffe.

Dia juga menyarankan agar pihak-pihak yang berkontrak dengan perusahaan migas multinasional selayaknya mengidentifikasi celah-celah bagi mereka untuk tidak membayar royalti dan pajak.

Walaupun demikian, O'Keeffe menyatakan bahwa kecurangan tidak akan pernah terjadi bila perusahaan sekelas Chevron tetap berkomitmen sesuai dengan janji-janji mereka. "Sebab kita berhak untuk bekerja di negeri sendiri. Kita pun berhak untuk mendapatkan penghasilan yang terbaik dari negeri sendiri," tegas O'Keeffe, sembari mengimbuhkan Chevron Indonesia tidak akan berani berbuat curang seperti yang dilakukan Chevron di Australia. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login