IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Tambang Migas Jangan Dieksploitasi Secara Membabi Buta

Tambang Migas Jangan Dieksploitasi Secara Membabi Buta

Written By Indopetro portal on Monday, 22 February 2016 | 09:33

indoPetroNews.com-Masalah tambang minyak dan gas (migas) serta energi sebenarnya pernah tidak lepas dari konsekuensi pendayagunaan sumberdaya alam yang dilakukan oleh manusia.

“Pertanyaan etis-kritisnya, apakah boleh semaksimal mungkin sumberdaya alam, terutama tambang migas, dieksploitasi secara membabi buta bahkan terperosok pada tindak korupsi? Apakah tujuannya untuk kemajuan peradaban dan kemajuan manusia,” tanya Suhendra, alumnus Universitas Santo Thomas, Philipina, kepada indoPetroNews.com Senin (22/2/2016) di Jakarta.

Pertanyaan etis tersebut setidaknya mencerahi (menerangi) supaya tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, misalnya praktik korupsi di dalam bisnis hulu industri migas. “Ini agar dapat membuat satu keputusan yang adil, pantas dan berkehendak baik serta bermanfaat bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” tegas Suhendra.

Suhendra juga menyitir pasal 33 UUD 1945 ayat 2. Undang-undang tersebut menyatakan, cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara. Sedangkan ayat 3, ungkap Suhendra, menyatakan bumi, air, dan kekayaan alam  yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.


Seperti diketahui, Menko Polhukam Luhut Pandjaitan mengusulkan KPK juga mengusut potensi korupsi di industri perminyakan dan gas. Luhut mensinyalir ada potensi korupsi di sana. Karena menurutnya, jumlah uang yang ada cukup besar. “Karena besar, billion dollars yang banyak dalam perminyakan dan gas. Saya kira korupsinya besar di sana,” tegas Luhut. (Sofyan) 
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login