IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Tantangan Dunia Energi Makin Meningkat

Tantangan Dunia Energi Makin Meningkat

Written By Indopetro portal on Wednesday, 17 February 2016 | 15:47

indoPetroNews.com-Meningkatnya populasi dunia dan urbanisasi menjadi faktor utama yang memberi tekanan kepada sumber energi di dunia. Demikian dikatakan, Dian Andyasuri, Director of Lubricant, Shell Indonesia indoPetroNews.com Rabu (17/2/2016) di Jakarta.
"Kita akan membantu pebisnis untuk memahami bagaimana tantangan energi yang dihadapi dunia termasuk Indonesia dan mengetahui kepemimpinan Shell dalamTeknologi di bidang energy," terangnya. Selain itu, memberikan gambaran mengenai bagaimana perencanaan skenario Shell dapat membantu memberikan berbagai solusi energi untuk setiap negara.

Menurut Dian, pihaknya bukan hanya menyediakan sumber energi yang lebih besar tetapi juga menyiapkan energi yang rendah karbon. Shell, lanjut Dian, sebagai produsen minyak dan gas sejak lama telah bersiap untuk menghadapi ketidakpastian dan sejumlah tantangan energi global ini dengan menyiapkan sebuah model energi dunia.

Seperti diketahui, Asean Center for Energy mencatat bahwa Indonesia menjadi negara yang terbesar dalam kebutuhan energi di Asia Tenggara yaitu sebesar 44% dari total kebutuhan energi di kawasan ini. Disusul Malaysia dan Thailand yang masing-masing sebesar 23% dan 20%.

Energi fosil diperkirakan akan mendominasi permintaan energi di kawasan ini yaitu sebesar 80%pada 2030 atau naik dari 76% pada 2011. Sektor industri akan mendominasi pertumbuhan permintaan ini dengan kenaikanh sebesar 2,7%per tahun hingga 2035 mendatang. 

Sementara itu, hasil ekplorasi minyak di Indonesia belum bisa memenuhi kebutuhan energi nasional. Pada 2013, total konsumsi minyak nasional mencapai 425 juta barel terdiri dari minyak mentah (crude oil). Dari jumlah tersebut, sebesar 352 juta barel (233 juta barel dalam bentuk bahan bakar minyak/BBM) yang dipasok dari kilang minyak di dalam negeri. Sisanya, sebesar 192 juta barel diimpor dalam bentuk minyak mentah dan produk BBM.

Kondisi ini disebabkan turunnya produksi dan terbatasnya kapasitas kilang di dalam negeri. Inilah tantangan energi di Tanah Air. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login