IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Azerbaijan Siap Pasok 1 Juta Barel Crude Oil

Azerbaijan Siap Pasok 1 Juta Barel Crude Oil

Written By Indopetro portal on Friday, 11 March 2016 | 08:29

indoPetroNews.com-Konferensi Tingkat Tinggi  Luar Biasa ke 5 Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Jakarta beberapa hari lalu, ternyata berdampak pada upaya ketahanan energi  Indonesia. Pasalnya, Indonesia mendapat tawaran langsung crude oildari beberapa negara peserta OKI.

“Azerbaijan siap memasok 1 juta barel kepada kita,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Kamis (10/3/2016) kepada indoPetroNews.com di Jakarta.  Selain Azerbaijan, ungkap Sudirman, Kuwait, Arab Saudi dan Iran juga menyatakan kesiapannya menjalin kerjasama dengan Indonesia.

Mantan Direktur Utama (Dirut) Pindad ini mengutarakan bahwa setelah nanti terjadi kesepakatan barulah ditindaklanjuti oleh Pertamina. “Itu nanti Pertamina. Yang belanja kan Pertamina. Kita hanya membuka jalur,” ungkap dia.

Menurut Sudirman, antara Pertamina dan pihak Azerbaijan, Kuwait, Arab Saudi dan Iran yang bicara.  “Kuwait juga menawarkan crude oil dan berminat pada kilang juga,” terang Sudirman.

Sebagai catatan, Azerbaijan Azerbaijan adalah negara sekuler dan telah menjadi anggota dari Dewan Eropa sejak 2001. Mayoritas populasi adalah Muslim Syiah dan turunan Turki barat, dikenal sebagai Azerbaijani, atau singkatnya Azeri. Negara ini resminya  demokrasi, namun dengan peraturan otoritas kuat.

Pada 1873, minyak ("emas hitam") ditemukan di kota  Baku, ibukota Azerbaijan. Dari awal abad ke-20 hampir separuh cadangan minyak dunia disuling di Baku. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login