IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » DPR Nilai Cadangan BBM di Luar Negeri tak Masalah

DPR Nilai Cadangan BBM di Luar Negeri tak Masalah

Written By Indopetro portal on Thursday, 31 March 2016 | 08:16

indoPetroNews.com-Menyimpan cadangan Bahan Bakar Minyak (BBM) di luar negeri tidak akan menyulitkan. Namun terlebih dulu ada perencanaan yang matang sehingga dapat segera diambil bila dibutuhkan.

“Cadangan minyak harus ada. Kita hanya punya cadangan operasional milik Pertamina selama 18 hari, dan akan dinaikkan menjadi 30 hari,” kata Dito Ganinduto, anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar kepada indoPetroNews.com Kamis (31/3/2016) di Jakarta.

Ironisnya lagi, kata Dito, secara nasional, Indonesia tidak memiliki cadangan.  “Cadangan nasional kita nol. Itu sangat berbahaya bagi negeri kita yang mempunyai  penduduk 240 juta jiwa,” tegas Dito.

Singapura saja, lanjut pria kelahiran Yogyakarta ini, mempunyai cadangan BBM hingga 90 hari. “Padahal  penduduknya hanya 4 juta jiwa saja,” terang Dito.

Dito menyadari bahwa keterbatasan anggaran yang menyebabkan pemerintah mewacanakan penyimpanan cadangan BBM di luar negeri.  “Saya kira tidak menjadi masalah,” tandas alumnus Akademi Minyak dan Gas Bumi Cepu pada 1974.

Dito menyarankan agar pemerintah juga membuat kesepakatan dengan negara-negara yang selama ini menyuplai minyak. 

“Kita minta negara-negara penyuplai untuk menyetock dengan satu kesepakatan. Begitu kita butuh, ya kita bayar sehingga memudahkan proses pengambilannya pada saat dibutuhkan,” tandas Dito.

Sebelumnya diberitakan bahwa Direktur Jenderal Minyak dan Bumi (Dirjen Migas) I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja merencanakan untuk menyimpan cadangan BBM di luar negeri, Iran dan Arab Saudi.(Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login