IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Energi Indonesia Dinilai Menuju Tonggak Liberalisasi

Energi Indonesia Dinilai Menuju Tonggak Liberalisasi

Written By Indopetro portal on Monday, 14 March 2016 | 15:18

indoPetroNews.com- Terdapat banyak penyimpangan negara dalam memberikan izin konsesi dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA), termasuk minyak dan gas (migas) saat ini. Hal tersebut diungkapkan Salamun Daeng, peneliti ekonomi dari Yayasan Pendidikan Bung Karno, dalam sebuah acara diskusi pada Senin (14/3/2016) di Jakarta.

Menurut Salamun, hasil kalkulasinya dari seluruh izin-izin yang sudah diterbitkan oleh pemerintah pusat dan daerah untuk konsesi migas, tambang mineral , perkebunan dan kehutanan serta perikanan dan kawasan industri sudah melebihi luasan seluruh darat wilayah NKRI. "Ke depan,  jangan heran bahwa rakyat kita akan menyewa kepada investor asing untuk bisa melangsungkan hidup di negerinya sendiri," tandas Salamun.

Lebih jauh Salamun mengutarakan bahwa sektor kelistrikan pun tidak lepas penetrasi asing dan liberalisasi bidang kelistrikan. Indikatornya terdapat tiga hal. Pertama, kata Salamun, pihak-pihak tertentu mendorong PT PLN untuk melanjutkan Independen Power Producer (IPP). Kedua, mekanisme EPC. Ketiga, full cost recovery yang dibebankan pada rakyat melalui tarif listrik.

Oleh sebab itu, Salamun dengan tegas menolak upaya liberalisasi, privatisasi dan komersialisasi terhadap sektor-sektor energi. "Kita mendukung keinginan pihak-pihak sementara kalangan, seperti Serikat Pekerja PT PLN yang mengajukan uji materi UU No. 30/2009 tentang ketenagalistrikan," tandas Salamun sembari mengimbuhkan penolakannya pada proyek pembangkit 35.000 MW. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login