IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Hindari Krisis Energi, Indonesia Wajib Eksplorasi Shale Oil dan Shale Gas

Hindari Krisis Energi, Indonesia Wajib Eksplorasi Shale Oil dan Shale Gas

Written By Indopetro portal on Wednesday, 23 March 2016 | 07:54

indoPetroNew.com-Riset dan development soal shale gas dan shale oil sudah ada di Indonesia. Namun persoalannya terletak pada pihak-pihak tertentu yang menahan untuk mengeksplorasi energy alternatif ini.

“Bila kita ambil riset dan development yang ada dan kita tunjukkan bahwa kita pangsa pasar besar maka dengan sendirinya dapat kita ambil. Kata kunci dalam eksplorasi pertambangan minyak dan gas adalah bor, bor dan bor,” kata Ichsanuddin Noorsy, pengamat ekonomi minyak dan gas kepada indoPetroNews.com pada Rabu (23/3/2016) di Jakarta.

Menurut Ichsanuddin dunia mengakui Indonesia dan Amerika Serikat memiliki sumber shale oil dan shale gas terbesar. “Amerika Serikat sudah berhasil menunjukkan independensi energinya dengan basis shale oil dan shale gas. Kita memulai aja belum pernah,” tandasnya.

Padahal pada saat yang sama, lanjut dia, karyawan Pertamina siap mengembangkan shale oil dan shale gas. “Jika tidak mengubah basis energi fosilnya ke gas maka pada tahun 2025 Indonesia mengalami krisis energi,” tegas Ichsanuddin. Karena pertumbuhan permintaan energi tinggi, dan pada saat yang sama tidak ditemukan sumur-sumur migas baru.

Solusinya, tambah Ichsanuddi, selain mengembangkan energi terbarukan seperti matahari dan gas, juga mengembangkan energi alternatif (shale oil dan shale gas). “Ini bukan saja persoalan modal tetapi juga menyangkut skill, reputasi dan kredibilitas,” ucap dia, sembari mengimbuhkan bahwa sumberdaya alam yang bagus yang juga didukung oleh sumberdaya manusia yang bagus maka uang (investor) akan datang. (Sofyan)


Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login