IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Kepala SKK Migas: Pertamina Harus Ikut Kelola Masela

Kepala SKK Migas: Pertamina Harus Ikut Kelola Masela

Written By Indopetro portal on Wednesday, 30 March 2016 | 07:53

indoPetroNews.com-Pemerintah Indonesia terikat kontrak pembangunan kilang gas Blok Masela di Maluku dengan operator Inpex Corperation (Jepang) dan Shell (Belanda). Tidak ada operator lain dalam pengelolaan Blok Masela.

“Blok Masela ini antara pemerintah Indonesia  itu terikat kontrak dengan kontraktornya, yaitu Inpex. Kontraknya itu antara pemerintah, yang waktu itu diwakili oleh Pertamina, dengan Inpex. Jadi, enggak pemain lain selain yang teken kontrak di situ,” kata Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Amien Sunaryadi kepada indoPetroNews.com di Jakarta. Dan sampai sekarang pemerintah Indonesia menghormati kontrak.

Saat ditanyakan apakah hal tersebut berarti Pertamina boleh ikut mengelola, Amien mengatakan, “Harus! Tadi siang, (Kamis, 24 Maret 2016 –red.) juga sudah saya sampaikan bahwa SKK Migas sudah merancang pertemuan antara Inpex dengan Pertamina.”

Sifat pertemuannya, lanjut dia, sebatas perkenalan. “Kemudian kontak person di Pertamina itu siapa. Dan kontak person di Inpex juga siapa. Supaya nanti mereka bisa mulai omong-omong awal kalau Pertamina  ikut masuk di dalam Blok Masela,” tandas mantan komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2003 – 2007.

Amien juga menyebutkan bahwa Pertamina pernah menyatakan ingin ikut masuk. “Kemudian SKK Migas memfasilitasi pertemuan awal. Pembicaraan selanjutnya itu tergantung pembicaraan bisnis to bisnis antara Inpex dengan Pertamina,” papar Amien.

Sebagai catatan, kontrak bagi hasil Blok Masela ditandatangani pada 1998 dan berakhir pada 2028. Inpex memegang saham 65% dan Shel mengantongi saham 35%. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login