IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Mantan Wamen ESDM : Setujui Saja Usulan Inpex/Shell dengan Beberapa Syarat

Mantan Wamen ESDM : Setujui Saja Usulan Inpex/Shell dengan Beberapa Syarat

Written By kusairi kusairi on Friday, 18 March 2016 | 16:28

indoPetroNews.com - Mantan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral era Jero Wacik, Susilo Siswoutomo mengusulkan agar pemerintah menyetujui Inpex/Shell untuk membangun Floating Liquefied Natural Gas (FLNG). Namun dengan beberapa ketentuan. Apa saja persyaratan dan ketentuannya?

"Kapasitas FLNG 3.6 MMTA menyamai Prelude Australia," kata Susilo Siswoutomo pada Jumat (18/3/2016) di Jakarta. Apalagi Shell sedang membangun FLNG 3.6 MMTA untuk proyek Prelude Australia dengan biaya 13 miliar USD.

Pemerintah, harap Susilo, perlu percaya bahwa FLNG yang sedang dibangun tersebut akan bisa beroperasi dengan baik dan aman.

Hal lainnya, usul Susilo, pemerintah juga harus menugaskan Inpex/Shell untuk secara paralel menyiapkan rencana untuk menyediakan gas ke darat oleh PSC atau BUMN dan pihak swasta.

Bila disiapkan oleh PSC, kata Susilo, pipa gas dibangun ke pulau terdekat ke Pulau Selaru untuk mensuplai gas ke sana. "Selain itu perlu dibangun LNG dan petrochemical complex di Selaru 3.6 MMTA, petrochemical and fertilizer plant," tandas Susilo.

Sedangkan bila upaya penyediaan gas ke darat dilakukan oleh PSC, BUMN dan pihak swasta maka PSC menyiapkan fasilitas (SURF) untuk memasok gas di wellhead atau di titik lain yang dipilih.

Hal lainnya, kata Susilo, masalah EPC, keuangan dari fasilitas gas processing offshore, pipeline, fasilitas kilang dan fasilitas penunjang di darat dilakukan bersama sesuai dengan kesepakatan bersama serta pemasaran produk onshore bukan menjadi tanggungjawab PSC.

Oleh karena itu, lanjut Susilo, pemerintah perlu menjamin adanya return yang reasonable kepada PSC dengan memperhitungkan harga di titik serah gas yang disepakati. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login