IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Menteri ESDM: DKE Bisa dari Hibah

Menteri ESDM: DKE Bisa dari Hibah

Written By Indopetro portal on Thursday, 3 March 2016 | 10:56

 indoPetroNews.com-Dana Ketahanan Energi (DKE) sebenarnya dapat diperoleh dari dana hibah. Hal tersebut diutarakan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

"Karena banyak negara donor, baik bilateral maupun multilateral, yang menawarkan bantuannya, " kata Sudirman kepada indoPetroNews di Jakarta. Bantuan itu berupa teknologi dan sumber daya manusia.

Selain dari dana hibah, DKE juga bisa berasal dari pihak yang menguras energi fosil, misalnya dari batu bara dan minyak bumi. "Kami akan mencari mekanisme bersama DPR tentang cara memungut dananya. Tidak akan dipungut dari konsumen," kata Sudirman.

DKE, lanjut Sudirman, juga akan dipungut dari badan usaha yang bergerak di bidang energi nonterpadu. Jika DPR dan pemerintah sepakat, DKE bisa dialokasikan dari anggaran pendapatan dan belanja negara. Oleh karena, pihaknya tetap berpendapat bahwa  DKE tetap harus dibentuk

Sudirman menjelaskan, penggunaan DKE akan diprioritaskan untuk mengaliri listrik desa-desa yang masih gelap. "Yang tidak bisa dijangkau dengan jaringan nasional," tandas Sudirman sembari mengimbuhkan saat ini pihaknya sedang melakukan sosialisasi DKE. Sebagian lagi digunakan untuk subsidi pembelian energi baru dan terbarukan, yang secara natural lebih mahal daripada energi fosil. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login