IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Menteri ESDM Dorong Penggunaan Gas Bumi Secara Luas

Menteri ESDM Dorong Penggunaan Gas Bumi Secara Luas

Written By Indopetro portal on Friday, 4 March 2016 | 08:36

indoPetroNews.com-Berbagai upaya penggunaan gas bumi yang lebih luas terus diupayakan oleh pemerintah. Diantara terobosan yang dilakukan adalah selain terus mensupport jaringan gas dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor gas, yaitu PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan Pertagas (anak usaha Pertamina).

"Mereka harus bersinergi dan tidak perlu tumpang tindih dan berkompetisi," tegas Menteri ESDM Sudirman Said. Hal tersebut tersebut disampaikan Sudirman Said, usai peresmian sejumlah infrastruktur gas PT Pertamina (Persero) di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Kamis (3/3/2016).

"Kita berharap konsolidasi PGN dan Pertamina dalam hal ini Pertagas, dapat menjawab banyak masalah untuk efisiensi dalam membangun infrastruktur. Enggak perlu tumpang tindih. Dua-duanya harus bersinergi," tegas Sudirman.

Sudirman mengatakan, pihaknya mendorong penggunaan gas bumi yang lebih luas. Alasannya, gas bumi lebih murah, bersih, dan lebih terukur pemakaiannya karena menggunakan jaringan pipa. "Jadi tahap pertama dulukan konversi dari minyak tanah ke LPG, sekarang dikonversi ke gas alam," imbuh Sudirman.

Untuk pengembangan jaringan gas bumi ini, Sudirman menjelaskan, pihaknya akan memilih kota-kota tertentu yang lokasinya dekat dengan jaringan dan pasokan gas bumi. Sudirman mencontohkan di Prabumulih, Sumatera Selatan yang seluruh kotanya akan disambungkan jaringan gas. Karena lokasinya dekat dengan sumber pasokan.

"Balikpapan juga, Tarakan juga. Jadi SPBG dan jaringan gas akan diintensifkan. Surabaya juga jadi kota percontohan. (Sofyan)


Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login