IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Menteri ESDM: Minyak dan Gas Bumi Bakal Habis

Menteri ESDM: Minyak dan Gas Bumi Bakal Habis

Written By Indopetro portal on Monday, 21 March 2016 | 08:06

indoPetroNews.com-Peringatan keras itu ditegaskan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, mengingat kebiasaan masyarakat kita yang berperilaku boros dalam menggunakan energi.

“Kita itu sudah terbatas tetapi sebetulnya kita masih boros dalam menggunakan energi. Oleh sebab itu kita disebut intensitasnya di atas satu (1) dibandingkan negara-negara lain yang di bawah itu,” kata Sudirman kepada indoPetroNews.com di Jakarta.

Pihaknya menginginkan agar apa yang digunakan berkaitan dengan energi semakin hari semakin efisien. “Jadi tidak berlebih-lebihan. Jumlahnya dicukupi kemudian kita sadar pada penghematan,” ucap mantan Direktur Utama Pindad ini.

Pria kelahiran Slatri, Larangan, Brebes Jawa Tengah ini tidak menampik bahwa Indonesia tidak bisa mengelak dari impor minyak. “Minyak sudah jelas impor. Gas bumi pun diperkirakan pada 2020 harus impor,” kata Sudirman.

Oleh sebab itu, lanjut Sudirman, dalam rapat Kementerian ESDM bersama Dewan Energi Nasional (DEN), DEN mengingatkan bahwa kalau tidak melakukan apa-apa maka akan ada satu titik di mana minyak kita habis kemudian juga gas habis. “Dalam kurun 20 tahun akan habis. Oleh karena itu kita harus melakukan penghematan,” tegas Sudirman.

Sebagai ilustrasi, papar Sudirman, pada 2025, apabila pengelolaan energi berjalan seperti sekarang, maka terdapat ruang penghematan 17% dari energi. “Kalau kita sederhanakan, katakanlah investasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) antara satu juta hingga satu juta setengah USD per Mega Watt (MW) , maka 17% itu sama dengan hampir 5000 MW. Anda bayangkan 5000 MW dikalikan satu juta. Ini penghematan yang begitu besar,” papar Sudirman. Karena itu, pihaknya, DEN dan berbagai stakeholders untuk terus fokus pada pengelolaan penggunaan kebutuhan energi. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login