IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Menteri ESDM: Presiden Perintahkan Bangun SPR

Menteri ESDM: Presiden Perintahkan Bangun SPR

Written By Indopetro portal on Thursday, 10 March 2016 | 08:10

indoPetroNews.com-Indonesia masih mewacanakan untuk meningkatkan cadangan Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi 30 hari. Pasalnya, Indonesia saat ini tidak memiliki persediaan BBM yang cukup memprihatinkan. Apa saja upayanya?

“Cadangan BBM untuk dipakai dalam keadaan darurat, mesti kita tingkatkan menjadi 60 hari,” tegas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, kepada indoPetroNews.com  Selasa  malam (8/3/2016) di Jakarta.

Untuk itu, pihaknya ingin mempersiapkan pembangunan strategic petroleum reserve (SPR). “Kita ingin dari sekarang  mempersiapkan terbangunnya SPR yang sudah lama dibicarakan senyampang harga minyak mentah lagi murah,” terang mantan Direktur Utama (Dirut) Pindad ini.

Menurut pria kelahiran Brebes Jawa Tengah ini, skema pembangunan SPR bisa bermacam-macam. Misalnya melalui APBN.

Secara policy (kebijakan), imbuh Sudirman, Presiden Jokowi sudah memerintahkan. “Persoalannya, meskipun kita memiliki uang tetapi kita tidak mempunyai alat penyimpan. Storage kita sudah penuh untuk operasional. Jadi sedang dicari solusinya,” tandas Sudirman.

Jamak diketahui bahwa Indonesia tidak mempunyai cadangan BBM yang disimpan secara khusus jika terjadi hal darurat seperti bencana alam atau terjadi perang. Cadangan BBM Nusantara masih diwacanakan.

Indonesia jauh ketinggalan dibandingkan dengan Malaysia yang mempunyai cadangan BBM hingga 30 hari. Negeri Matahari Terbit (Jepang) dan Korea memiliki cadangan BBM hingga 50 hari. Sedangkan Singapura memiliki cadangan BBM hingga 50 hari.(Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login