IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » OPEC Persilakan Iran Bergabung di Pertemuan Qatar

OPEC Persilakan Iran Bergabung di Pertemuan Qatar

Written By Indopetro portal on Tuesday, 22 March 2016 | 17:49

indoPetroNews.com-Iran berkukuh untuk menggenjot produksi minyaknya dan mendorong ekspor minyaknya setelah sanksi ekonomi dari negara barat dicabut pada Januari lalu. Kendati demikian, sikap lunak tetap diperlihatkan oleh negara-negara yang tergabung dalam Organization of the Petroleum Exporting Countries ( OPEC).

Sekretaris Jenderal OPEC Abdullah al-Badri pada Senin lalu menyatakan pihaknya mempersilahkan Iran untuk bergabung pada negara-negara produsen minyak yang sepakat untuk menahan produksinya setelah puas menggenjot ekspor minyaknya.

Seperti diketahui, negara-negara anggota OPEC dan produsen minyak lain yang bukan anggota OPEC akan bertemu di Qatar pada 17 April mendatang untuk mendiskusikan penahanan produksi minyak, untuk mengurangi suplai minyak yang beredar. Sayangnya, Iran memilih untuk mendorong ekspor minyaknya paska berlalunya sanksi dari negara barat pada Januari lalu.

"Saya harap hasilnya akan positif," kata Abdullah al-Badri pada konferensi pers di Wina. "Mereka (Iran) tidak memberatkan diri pada pertemuan ini tetapi mereka memiliki syarat tertentu pada produksi dan mungkin di masa mendatang mereka akan bergabung," lanjut dia.

Komentar Sekjen OPEC ini memberikan sinyal bahwa posisi Iran tidak akan melakukan penahanan produksi. Sementara negara produsen minyak di Teluk, termasuk Arab Saudi, sebelumnya mendorong agar semua produsen utama minyak berpartisipasi.

Badri berharap harga minyak LCOc1 yang sudah mencapai dasar bisa menanjak lagi jika kelebihan suplai berhasil dipangkas. Pada perdagangan Senin, LCOc1 diperdagangkan diatas 41 dollar AS per barel, naik dari level terendah dalam 12 tahun yakni 27 dollar AS per barel di Januari.

"Harga terus meningkat, saya berharap tren ini akan terus," kata dia. "Saya tidak mengharapkan harga meningkat dengan cepat tetapi tumbuh pada level moderat," lanjut dia. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login