IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pemerintah Didesak Lakukan Pembagunan Kilang

Pemerintah Didesak Lakukan Pembagunan Kilang

Written By Indopetro portal on Tuesday, 29 March 2016 | 14:48

indoPetroNews.com-Membangun kilang adalah keharusan untuk meminimalkan impor minyak mentah, walaupun nilai keuntungannya sedikit. Hal tersebut ditegaskan Direktur Eksekutif Reforminer Institute, Komaidi Notonegoro dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (29/3/2016) di Jakarta.

"Pilihannya hanya ada dua. Pertama, melakukan impor produk atau impor minyak mentah," kata Komaidi Notonegoro kepada indoPetroNews.com Selayaknya, kata Komaidi, Pemerintahan Jokowi harus jeli melihat sumbatan dan kendala upaya pembangunan kilang. 

Karena, imbuh Komaidi, sudah sejak 2008 berbagai kalangan dari termasuk anggota dewan dan akademisi serta peneliti minyak dan gas sudah menekan pemerintah.

"Sayangnya hingga kini tidak insentif fiskal dari kementerian keuangan. Dan masih berkembangnya ego sektoral dalam upaya membangun kilang," kata Komaidi, sembari menambahkan bahwa sejak 15 tahun terakhir terdapat 30 izin pembangunan kilang tetapi hanya satu kilang yang dapat direalisasikan, yaitu kilang PT TWU.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo pada 22 Desember 2015 telah menetapkan Peraturan Presiden Nomor 146 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Pembangunan dan Pengembangan Kilang Minyak di Dalam Negeri.

Perpres ini bertujuan untuk memberikan pedoman dalam pelaksanaan pembangunan dan pengembangan kilang minyak serta demi mewujudkan ketahanan energi nasional melalui peningkatan penyediaan BBM dan produk lainnya secara terintegrasi.

Pembangunan dan pengembangan kilang minyak diselenggarakan secara efektif, efisien, transparan, adil, akuntabel dan harus menggunakan teknologi yang memenuhi ketentuan pengelolaan dan perlindungan lingkungan serta mengutamakan penggunaan produk dalam negeri.

Ditetapkan bahwa pengembangan kilang minyak dapat dilakukan dengan memberikan fasilitas insentif fiskal maupun non fiskal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan atau mengintegrasikan pemroduksian petrokimia. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login