IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pengamat: Menyimpan Cadangan BBM di Luar Negeri Pilihan Realistis

Pengamat: Menyimpan Cadangan BBM di Luar Negeri Pilihan Realistis

Written By Indopetro portal on Thursday, 31 March 2016 | 10:08

indoPetroNews.com-Menyimpan cadangan Bahan Bakar Minyak (BBM) di luar negeri adalah pilihan realistis untuk saat ini. Apa rasionalisasinya? “Karena kemampuan storage kita atau tanki timbun minyak mentah dan Bahan Bakar Minyak (BBM) kita kapasitasnya hanya sebesar kapasitas cadangan operasional Pertamina sekitar 3 - 4 juta kilo liter,” kata Komaidi Notonegoro, Direktur Eksekutif Reforminer Institute kepada indoPetroNews.com pada Kamis (31/3/2016) di Jakarta.

Menurut Komaidi, justru saat ini adalah momentum yang baik dengan kondisi melemahnya harga minyak mentah dunia. Seperti diketahui, harga minyak mentah yang biasanya di atas 100 USD per barel, sekarang berkisar hanya 30 USD sampai 40 USD per barel.

“Kan ada diskon hingga 60 an. Kemudian diskon 60 per barel ini, katakanlah dialokasikan 5 – 10 barel untuk biaya sewa tanki timbun atau storage hingga dikonsumsi,” papar Komaidi.

Komaidi tidak menampik bahwa ada beberapa kendala yang bakal dihadapi bila cadangan BBM disimpan di luar Indonesia. “Tentu ada masalah dengan mekanisme arus cadangan agar dapat segera dimanfaatkan dalam kondisi situasi darurat,” jelas dia.

Namun satu hal yang pasti, lanjut Komaidi, dengan adanya cadangan BBM walaupun ada di luar negeri , paling tidak ide untuk menstabilkan harga BBM sudah bisa dijalankan. “Kalau sewaktu-waktu harga minyak mentah tiba-tiba naik sekitar 80 USD per barel maka kita tidak reaktif dan tidak harus membeli saat itu,” tandas Komaidi. Selain itu tidak harus menaikkan harga BBM pada saat itu.

Seperti diberitakan, pemerintah melalui Dirjen Migas Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja, berencana menambah cadangan BBM di Iran dan Arab Saudi.

"Untuk tambahan cadangan 15 hari kira-kira Rp 23,3 triliun. Itu untuk menyimpan cadangan yang terdiri dari crude (minyak mentah) 50% dan dalam bentuk BBM 50%," kata Wiratmaja (Sofyan)


Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login