IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Regulator Bermasalah, Pasar Global yang Dikambinghitamkan

Regulator Bermasalah, Pasar Global yang Dikambinghitamkan

Written By Indopetro portal on Wednesday, 23 March 2016 | 12:50

indoPetroNews.com-Anjloknya harga minyak dunia berpengaruh pada harga gas. "Kalau tidak turun, ongkos produksi di Indonesia akan lebih mahal dari global. Jadi ekspor kita susah," kata Achmad Safiun, Ketua Forum Industri Pengguna Gas Bumi kepada indoPetroNews.com, Rabu siang (23/3/2016) di Jakarta.

Ironisnya, yang dikambinghitamkan justru pasar global yang lunglai. "Padahal pihak yang ngatur yang enggak benar," tegas Achmad.

Achmad juga mengkritisi rencana pemerintah yang akan membentuk Badan Penyangga Badan. "Sama saja. Tidak akan efisien karena pada akhirnya toh juga pakai ongkos," ujar Achmad, sembari mengingatkan luasnya wilayah Nusantara yang berakibat pada adanya disparitas harga.

Achmad juga mengungkapkan bahwa regulasi energi di Tanah Air paling rumit. "Mereka masih menganggap income pemerintah dari sektor minyak dan gas," tandas Achmad. Padahal APBN kita sebesar 75% tergantung dari pajak. Sedang minyak dan gas hanya menyumbang tidak lebih dari 1%. 

"Tepatnya 18 triliun," kata Achmad sembari menyentil program pemerintah yang sejak 2006 selalu menyebut-nyebut infrastruktur gas tetapi hingga kini infrastrukturnya belum banyak penambahan. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login