IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » RI-Arab Saudi Jajaki Kerjasama Pengembangan Kilang

RI-Arab Saudi Jajaki Kerjasama Pengembangan Kilang

Written By Indopetro portal on Wednesday, 2 March 2016 | 09:20

indoPetroNews.com-Indonesia menjajaki kerjasama dengan Arab Saudi untuk pengembangan kilang minyak. Upaya kerjasama ini dinilai strategis karena Arab Saudi selain negara kaya minyak juga mempunyai hubungan bilateral yang telah lama.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Energi  dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Sudirman Said. “Di Arab Saudi sudah ada beberapa yang matang untuk segera ditandatangani. Termasuk kilang Cilacap yang sudah beroperasi. Pun juga kilang yang di Tuban,” kata Sudirman Said kepada indoPetroNews.com Rabu (2/3/2016) di Jakarta. Sudirman berharap kerjasama dengan negara-negara Timur Tengah berjalan dengan baik.

Ketika ditanyakan jumlah investasi, Sudirman mengatakan masih dalam tahap kajian. “Kita kaji karena masing-masing bisnis harus direncanakan dengan baik,” kata pria kelahiran Brebes Jawa Tengah ini.

Alumnus Politeknik Keuangan Negara (STAN) ini juga mengungkapkan bahwa ada rencana Pertamina akan membangun rumah sakit di Arab Saudi. “Karena  kita punya tanah di sana. Apalagi banyak warga Indonesia yang menunaikan ibadah haji dan umrah di sana,” papar Sudirman.

Dalam catatan sejarah disebutkan bahwa perkembangan industri perminyakan di Arab Saudi sejak 1930-an membuat Arab Saudi menjadi negara yang paling disegani walaupun sebelum tahun 1938 Arab Saudi tidak pernah sekalipun diperhatikan oleh negara Eropa dan Amerika.

Hal itu karena tidak adanya sumber daya yang menarik perhatian dunia. Gerbang pengetahuan mengenai Arab Saudi baru terlihat dan diketahui ketika minyak ditemukan disana (Simmons, 2005 : 5)

Pada tahun 1938, minyak menjadi komoditi utama yang membuat perubahan besar dalam perkembangan negara Arab Saudi setelah pemasukan dari orang-orang yang melakukan ibadah haji. Arab Saudi mulai menjadi produsen minyak pada tahun 1930-an. Seluruh tatanan masyarakat di berbagai aspek mulai berkembang dan berubah, termasuk perekonomian Arab Saudi.


Negara penghasil minyak ini tercatat pada tahun 2011 memiliki aset asing yang cukup besar, yaitu sekitar SR352 miliar yang mayoritas diperoleh dari aspek industri perminyakan. (Sofyan) 
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login