IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » SKK Migas Dituding Arahkan Blok Masela Dikelola Skema Offshore

SKK Migas Dituding Arahkan Blok Masela Dikelola Skema Offshore

Written By Indopetro portal on Monday, 7 March 2016 | 16:55

indoPetroNews.com-Pengantar yang disampaikan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Amien Sunaryadi dinilai telah mengarahkan skema pengelolaan Blok Masela dilaksanakan di laut (offshore) dibandingkan darat (onshore).

"Baik dikelola dengan skema di laut dan darat, sama-sama untung. Namun kita harus memilih yang terbaik. Tentu harus pilih yang lebih menguntungkan bagi masyarakat Maluku," tegas Nono Sampono, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Maluku, pada Senin (7/3/2016) di Gedung DPD Senayan Jakarta Pusat.

Dengan skema pembangunan darat, lanjutnya, pihak masyarakat melalui perwakilannya dapat mengontrol berapa jumlah gas yang telah didapat oleh pihak operator. "Kalau skema di laut siapa yang bisa kontrol," kata Nono.

Menurutnya, upaya pengelolaan Blok Masela ini sebenarnya telah membuka aib bangsa. "Telah membuka aib kita selama ini. Sebab pengelolaan minyak dan gas bumi selama ini jauh dari amanah pasal 33 Undang-undang Dasar (UUD) 1945. Biang keroknya adalah Undang-undang Migas Nomor 22 Tahun 2001," tandas Nonu.

Nono mengungkapkan, Blok Masela terkait dengan berbagai aspek. Diantaranya terkait aspek keamanan, kedaulatan dan teritorial Indonesia.

Dia mengaku, dirinya mendengar bahwa kapal untuk skema offshore telah dipesan dan dibuat di Korea. Namun dugaan tersebut langsung dibantah oleh Amien Sunaryadi. "Tidak benar kapal sudah dibuat oleh Korea," jawab Amien Sunaryadi.

Nono pun bersyukur mendengar jawaban Kepala SKK Migas tersebut. Tetapi bila dugaan tersebut benar maka Kepala SKK Migas dapat dianggap telah melanggar Undang-undang dan bisa dituntut.

Selanjutnya, Nono juga menyampaikan bahwa pihaknya akan mengundang Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya yang pro onshore. "Ini agar terjadi fairness (keadilan) dan berimbang. Sebab pihak SKK Migas telah mengarahkan upaya pengelolaan Blok Masela dengan skema offshore," tegas Nonu. (Sofyan)

Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login