IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Tantangan Pertumbuhan Ekonomi adalah Ketersediaan Energi

Tantangan Pertumbuhan Ekonomi adalah Ketersediaan Energi

Written By Indopetro portal on Wednesday, 30 March 2016 | 16:39

indoPetroNews.com-Pertumbuhan ekonomi Indonesia sejatinya juga harus diimbangi dengan ketersediaan energi. Demikian dikatakan oleh Edi Saputra, Senior Analis, Gas & Power Wood Mackenzie pada Rabu (30/3/2016) di Plaza City, Jakarta.

Dalam paparannya yang berjudul "Indonesia Gas & Power Markets : Opportunities Amid Burgeoming Demand," Edi mengemukakan bahwa terdapat ketidakseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dengan ketersediaan energi. "Padahal energi listrik menjadi pendorong utama tumbuh dan berkembangnya perindustrian," papar Edi.

Oleh sebab itu, lanjut Edi, penyediaan dan pembangunan energi listrik menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah. Walaupun saat ini pemerintah Indonesia mentargetkan 35.000 GW. "Tidak hanya financial, policy tetapi juga ketersediaan lahan serta investor," tandas Edi.

Edi juga menyoroti ketimpangan penyediaan energi di kawasan Pulau Jawa dan luar Jawa. "Indonesia membutuhkan Liquefied Natural Gas (LNG) untuk dikembangkan," tandas Edi.

Dengan dipakainya LNG sebagai salah satu sumber energi, kata Edi, diharapkan akan mengurangi impor solar/disel, sehingga menghemat devisa negara serta meningkatkan daya saing industri domestik.

Sebagai catatan, Indonesia merupakan produsen utama LNG dunia, hampir semua LNG yang diproduksi diekspor ke luar negeri utamanya ke Jepang, Korea dan China. LNG sampai saat ini belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat maupun industri domestic sebagai sumber energi, hal ini dikarenakan kurang adanya sosialisasi manfaat dari LNG. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login