IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Bangun Pabrik LPG di Maluku, Mengapa Tidak?

Bangun Pabrik LPG di Maluku, Mengapa Tidak?

Written By Indopetro portal on Wednesday, 13 April 2016 | 08:16

indoPetroNews.com-Anggota Komisi VII Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Kurtubi menyarankan pemerintah untuk membangun pabrik Liquified Petroleum Gas (LPG) di Maluku. Sebab, gas Blok Masela sudah diputuskan dengan skema on shore oleh Presiden Jokowi. 

"Jika dimungkinkan kenapa tidak \membuat exercise dan melakukan tes berapa alokasi gas yang untuk LNG (Liquified Natural Gas) atau petrokimia, jika ada Gas Propana (C3) Butana (C4) yang memadai bisa untuk bangun pabrik LPG," kata Kurtubi, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR RI-Kementerian ESDM pada Selasa (12/4/2016) di Gedung DPR Jakarta.

Menurut Kurtubi, sejatinya pembangunan Blok Masela secara on shore diharapkan tidak membatasi kreatifitas pemerintah untuk mendapatkan revenue yang berasal dari berbagai sektor. Oleh karena itu, ia menyarankan agar pemerintah berinisiatif membuat uji atau exercise mengenai berapa alokasi gas yang diperuntukan untuk LNG, Petrokimia bahkan bisa membangun pabrik LPG di Maluku.

Menurut Kurtubi, selama ini LPG di Maluku didatangkan dari Surabaya, di mana pasti memerlukan cost yang cukup besar. "LPG untuk Maluku datang dari Surabaya, itu terlalu jauh. jika ada C3, C4 yang cukup di Masela kenapa tidak bangun pabrik LPG sendiri sesuai dengan kebutuhan rakyat Maluku," tambahnya.

Investor, imbuh Kurtubi, pasti ingin memaksimalkan LNG nya. “Tapi alangkah lebih baik pemerintah juga mempunyai perhitungan sendiri tidak hanya berpatokan dengan Plant of Development yang masih memerlukan waktu lagi untuk dikaji kemudian disetujui. Sehingga revenue penerimaan negara lebih maksimal," tandas pria yang pernah menjadi pengajar di Universitas Indonesia (UI) ini.(Sofyan)

Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login