IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » BPKP Sedang Audit 13 Kontraktor KKS

BPKP Sedang Audit 13 Kontraktor KKS

Written By Indopetro portal on Thursday, 14 April 2016 | 17:40

indoPetroNews.com-Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) kini tengah mengaudit 13 Kontraktor Kontrak Kerjasama (Kontraktor KKS). "Program kita pada tahun 2016 adalah sedang mengaudit 13 KKKS," kata Yus Muharam, Direktur Pengawasan Badan Usaha Perminyakan dan Gas Bumi BPKP, dalam paparan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemeriksaan Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) pada Kamis (14/4/2016) di Plaza City Jakarta.

Dalam mengaudit, kata Yus Muharam, paling tidak membutuhkan waktu hingga lebih dari tiga (3) tahun. "Tidak harus kontraktor yang besar tetapi juga kontraktor yang medium dan skala kecil pun kita audit," ungkapnya.

Selanjutnya Yus Muharam memaparkan kriteria Wajib Pajak (WP) Kontraktor KKS yang akan diaudit oleh fungsional pemeriksa Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Pertama, ungkap Yus Muharam, status Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) lebih bayar baik atas nama operator maupun partner - tahun pajak 2015. Kedua, lanjut Yus Muharam, WP Kontraktor KKS yang melakukan dan yang menerima pengalihan Participating Interest (PI). Ketiga, papar Yus Muharam, WP Kontraktor KKS yang menerapkan tarif treaty atas branch profit tax (BPT) baik operator maupun partner - tahun pajak 2015.

Keempat, ungkap Yus Muharam, WP Kontraktor KKS yang jangka waktu kontraknya akan selesai, baik operator maupun partner. Serta kelima, kata Yus Muharam, WP Kontraktor KKS yang ditetapkan dalam audit schedule pada Rakornas Tahunan SKK Migas, DJP, dan BPKP.

Yus Muharam juga memaparkan beberapa sebab temuan pemeriksaan belum ditindaklanjuti (TPB) yang belum selesai, diantaranya karena dispute temuan; masih dalam proses menindaklanjuti; atau karena sudah ada tindaklanjut tetapi belum dimutakhirkan antara BPKP dan Kontraktor KKS; adanya keengganan untuk menindaklanjuti atau karena ketidakmampuan untuk menindaklanjuti. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login