IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Harga Minyak Terpuruk, KKKS Bakal Diberi Perpanjangan Durasi Eksplorasi

Harga Minyak Terpuruk, KKKS Bakal Diberi Perpanjangan Durasi Eksplorasi

Written By Indopetro portal on Wednesday, 20 April 2016 | 19:33

indoPetroNews.com-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memberi perpanjangan waktu eksplorasi bagi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS). Hal itu bentuk insentif kepada perusahaan migas yang sedang tertekan akibat harga minyak yang terpuruk.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja menyatakan, harga minyak yang rendah membuat perusahaan migas kekurangan penerimaan, sehingga banyak perusahaan yang tidak memiliki anggaran untuk eksplorasi. Di sisi lain, kontrak eksplorasi sedang berjalan, sehingga KKKS khawatir tidak bisa melanjutkan eksplorasi di kemudian hari saat ada dana karena periode kontrak sudah selesai. "Kami pikir apa yang bisa dilakukan insentifnya, jadi kami sedang bicarakan perpanjangan waktu eksplorasinya," terang Wiratmaja kepada wartawan di Jakarta, Rabu (20/4).

Melalui kebijakan tersebut, lanjutnya, KKKS tak perlu cemas kehabisan masa kontrak meskipun tidak melakukan kegiatan eksplorasi di jangka waktu tak ada anggaran. Ia menambahkan, hal tersebut bukanlah kebijakan moratorium eksplorasi melainkan perpanjangan durasinya saja.

Dia mencontohkan, izin eksplorasi yang berdurasi 10 tahun. "Ketika eksplorasi sudah menginjak tahun ke-enam dan KKKS belum mendapatkan hasil disertai lemahnya harga minyak, perusahaan bisa memberhentikan eksplorasinya, misalkan, selama dua tahun," paparnya.

Kebijakan tersebut, lanjutnya, secara realisasi eksplorasinya bisa lebih lama dari 10 tahun, namun secara kontrak masa eksplorasi masih tercatat selama 10 tahun. Ia mengakui, sudah ada beberapa KKKS yang berharap Pemerintah segera mengabulkan kebijakan tersebut.

Seperti ramai diberitakan sebelumnya, usulan tersebut telah diutarakan Indonesian Petroleum Association (IPA), mulai masalah perpanjangan waktu eksplorasi, insentif sistem bagi hasil yang lebih fleksibel, yakni bagian KKKS bisa diperbesar saat harga minyak sedang menurun.(**)

Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login