IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Iran Dukung Kebijakan Stabilkan Harga Minyak Mentah

Iran Dukung Kebijakan Stabilkan Harga Minyak Mentah

Written By Indopetro portal on Friday, 29 April 2016 | 09:34

indoPetroNews.com-Fluktuasi dan gonjang-ganjing harga minyak mentah di pasar dunia menyita perhatian Iran. Untuk menstabilkan harga minyak, Iran mensupport setiap upaya atau kebijakan agar harga emas hitam tersebut stabil.

“Pertemuan Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dengan negara-negara non-OPEC pekan lalu di Doha, Qatar sebagai sebuah langkah yang baik,” kata Menteri Perminyakan Iran Bijan Namdar Zanganeh pada awal pekan lalu.

Zanganeh menuturkan produksi minyak Iran sudah sangat dekat dengan angka sebelum sanksi, di mana meningkat satu juta barel dan proses ini terus berlanjut sehingga mencapai kuota Iran sebelum sanksi.

"Meskipun pertemuan itu gagal, tapi sangat positif karena para produsen besar minyak OPEC menerima bahwa mereka harus berbuat sesuatu untuk mengubah situasi," ujarnya.

Menurut Zanganeh, harga minyak tidak menunjukkan tren penurunan setelah pertemuan Doha, karena harapan produsen dan konsumen untuk ekonomi global adalah bahwa harga minyak harus naik di pasar dunia.

Seperti diketahui, terdapat 18 negara anggota dan negara non-OPEC pekan lalu bertemu di Doha untuk menstabilkan produksi minyak sampai bulan Oktober 2016, tapi rencana itu gagal.

Alasan utama kegagalan pertemuan Doha adalah sabotase Arab Saudi dan sekutunya yang menuntut Iran bergabung dalam rencana pembekuan produksi minyak. Riyadh sebenarnya berniat menggunakan rencana itu sebagai sarana untuk menekan Tehran.

Pemerintah Iran menolak berbagung dengan setiap proposal untuk menstabilkan harga minyak sampai mereka mencapai angka produksi paling sedikit empat juta barel per hari. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login